Perhutani Raih Lelang Award dalam Ajang Pengelolaan Kekayaaan Negara

Lelang Award 2021 diselenggarakan oleh DJKN Kementerian Keuangan RI merupakan rangkaian memperingati HUT ke-15 DJKN dengan tema Transformasi DJKN untuk Kemenkeu Satu, Pulihkan Ekonomi Nasional secara virtual, Senin (15/11/2021). (Foto: Perhutani)

Penulis: Yoyok, Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 16 November 2021 | 12:50 WIB

Sariagri - Perum Perhutani memperoleh penghargaan dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan Republik Indonesia (RI) dalam acara Apresiasi Pengelolaan Kekayaan Negara yang diselenggarakan secara virtual pada Senin (15/11).

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati kepada 36 kementerian/lembaga (K/L) dan 7 (tujuh) stakeholder.

Perhutani terpilih sebagai juara ketiga "Lelang Awards 2021" untuk kategori Lelang Noneksekusi Wajib, yang diberikan kepada pengguna jasa yang memiliki aspek produktivitas lelang, pokok lelang, dan PNBP lelang terbaik.

Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan, Rionald Silaban, mengatakan apresiasi pengelolaan kekayaan negara tahun 2021 merupakan penghargaan terhadap kualitas kerja dan koordinasi seluruh (K/L) dan stakeholder.

“Diharapkan dengan adanya apresiasi ini akan memperkuat sinergi guna memunculkan inovasi bersama seluruh (K/L) dan para stakeholder. Saya juga berharap agar kegiatan ini dapat menjadi bagian dari momentum transformasi DJKN sebagai Manager Aset yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, mengatakan pemerintah akan terus mendorong agar seluruh (K/L) yang mengelola dan memiliki peranan penting dalam memanfaatkan barang milik negara untuk mengukir prestasi di dalam mengelola dan memanfaatkan barang milik negara.

“Perlakuan suatu bangsa dan negara di dalam mengelola aset menunjukan sikap karakter bangsa dan peradabannya,” ujarnya.

Sedangkan Direktur Utama Perum Perhutani, Wahyu Kuncoro, mengatakan penghargaan Lelang Award 2021 merupakan prestasi yang patut dibanggakan dan berharap kepada segenap jajaran agar lebih giat dan fokus dalam bekerja untuk meningkatkan kinerja perusahaan sehingga menjadi tangguh di dalam menghadapi segala tantangan.

Perum Perhutani menyelenggarakan kegiatan lelang kayu secara terbuka dengan jenis kayu Jati dan kayu Rimba di antaranya pinus, damar, mahoni, rasamala, sengon, kesambi, sonokeling, dan lain-lain. Informasi mengenai lelang kayu Perhutani disampaikan juga melalui sarana media sosial tokoperhutani untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

Di tahun 2020 Perhutani meraih pendapatan melalui lelang kayu sebesar Rp46,7 miliar dan di tahun 2021 hingga bulan Oktober mencapai Rp30,3 miliar. 

Baca Juga: Perhutani Raih Lelang Award dalam Ajang Pengelolaan Kekayaaan Negara
Jaga Kelestarian Hutan, Perhutani ‘Groundbreaking’ 50 Juta Bibit Tanaman di Jawa Tengah

Lelang Award diselenggarakan oleh DJKN Kementerian Keuangan RI ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT DJKN yang ke-15 dengan tema “Transformasi DJKN untuk Kemenkeu Satu, Pulihkan Ekonomi Nasional”.

Dalam acara Apresiasi Pengelolaan Kekayaan Negara terdapat dua jenis penghargaan yaitu BMN Awards dan Lelang Awards sebagai bentuk apresiasi kepada para stakeholder dalam upaya yang telah dilakukan terkait pengelolaan kekayaan negara. 

Video Terkait