Ini Upaya Nadine Chandrawinata Menyelamatkan Hutan dan Lingkungan

Nadine Chandrawinata. ([email protected])

Editor: Dera - Selasa, 11 Januari 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Melakukan penghijauan di sekitar rumah, menggunakan kertas secara bijak hingga ikut terlibat dalam gerakan menanam pohon adalah beberapa upaya kecil yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan dan hutan.

Tanggal 10 Januari selalu diperingati sebagai Hari Satu Juta Pohon di dunia. Perayaan ini merupakan salah satu upaya untuk menyelamatkan hutan dan melestarikan lingkungan.

Tujuan dari gerakan Satu Juta Pohon Sedunia tentunya untuk mewujudkan lingkungan yang sehat, sejuk dan asri. Peringatan ini pun mengajak seluruh masyarakat untuk melestarikan pohon yang memiliki peran sangat penting bagi kehidupan manusia.

"Tujuannya supaya manusia diingatkan bahwa peran pohon di bumi sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia, bila tidak ada keseimbangan antara pola hidup yang baik, manusia juga kena dampaknya," ujar Nadine Chandrawinata, aktris dan aktivis lingkungan, seperti dikutip Antara, Selasa (11/01). 

Pohon memiliki kemampuan dalam mengurangi kandungan karbondioksida (CO2), serta mengeluarkan oksigen (02) yang bermanfaat bagi manusia. Pohon juga diketahui mampu menyerap 60 persen air hujan, seperti yang dilakukan oleh hutan pinus.

Cadangan air yang tersimpan ini tentu saja sangat berguna bagi kelangsungan hidup manusia dan mahkluk hidup lainnya yang menghuni bumi. Pohon sendiri merupakan spesies utama di hutan yang juga menjadi rumah bagi para satwa.

Nadine mengatakan peringatan Hari Satu Juta Pohon harus selalu dirayakan. Sebab ini juga sebagai pengingat agar manusia konsisten dalam melakukan penghijauan baik di lingkungan sekitar rumah ataupun berperan aktif dalam gerakan penanaman satu juta pohon.

Baca Juga: Ini Upaya Nadine Chandrawinata Menyelamatkan Hutan dan Lingkungan
Targetkan Restorasi Gambut Seluas 360.000 Ha di Tahun 2022, Ini Strategi BRGM

"Yang pasti tiap tahun harus selalu disuarakan untuk mengingatkan kembali peran pohon di bumi ini," kata Puteri Indonesia 2005 itu.

Melakukan upaya penyelamatan hutan dan melestarikan lingkungan bukanlah hal yang besar dan sulit, langkah terkecil yang bisa dilakukan seluruh lapisan masyarakat di antaranya adalah melakukan penghijauan di sekitar rumah, mengurangi limbah nonorganik harian, memakai sepeda untuk transportasi, bijak dalam penggunakan kertas, mendukung gerakan lingkungan dengan donasi hingga menjadi relawan.

Video Terkait