Ketahui Penggolongan dan Jenis-jenis Burung Merpati

Ilustrasi Burung Merpati (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Minggu, 3 Juli 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Burung merpati adalah burung yang hampir ada di seluruh belahan dunia. Jika dilihat dari fisiknya, ia merupakan salah satu jenis burung berleher pendek.

Badannya tergolong gempal dan kekar. Burung ini memiliki paruh yang pendek dan ramping, dilengkapi dengan ceres atau lubang hidung berdaging pada spesies tertentu.

Secara umum, burung merpati dibedakan dalam beberapa jenis, di antaranya:

1. Merpati Domestik

Ada beberapa jenis burung merpati yang dikembangbiakkan untuk tujuan olahraga, hobi, dan makanan. Sementara burung merpati domestik adalah merpati yang tumbuh di alam liar secara alami ataupun diternakkan.

Namun sebenarnya burung merpati domestik tidak bisa merawat diri mereka sendiri seperti merpati liar. Hal inilah yang membuat merpati domestik ini menjadi jenis yang paling sering diselamatkan dan dipelihara.

Burung merpati domestik ini dibedakan lagi menjadi tiga jenis, yaitu merpati tinggian, merpati balap, dan king pigeon.

2. Merpati Liar

Jika melihat burung merpati di pinggiran perkotaan atau perkotaan, itu berarti kamu melihat jenis burung merpati merpati liar.

Baca Juga: Ketahui Penggolongan dan Jenis-jenis Burung Merpati
Burung Merpati: Spesifikasi, Morfologi, Siklus Reproduksi

Umumnya, merpati ini membuat sarang di wilayah tertentu, seperti di sebuah bangunan, jembatan, pedesaan, atau daerah pegunungan alami. Mereka juga mencari makanan di tempat-tempat umum yang ada di sekitar sarangnya.

3. Merpati Ekor Pita

Jenis burung merpati yang satu ini memiliki ciri khas yaitu ekor yang panjang seperti pita dan berwarna abu-abu. Burung merpati ini memiliki paruh dan kaki berwarna kuning cerah. Namun, sayangnya merpati ekor pita tidak memiliki variasi warna.

Kesehariannya, burung merpati ekor pita ini senang menghabiskan waktu di hutan.

Demikian informasi mengenai jenis-jenis burung merpati. Apakah kamu tertarik ingin memeliharanya, Sobat Agri?

Video Terkait