Kura-kura Ini Selamat dari Kematian Akibat Kebakaran Hutan

Kura-kura diselamatkan dari ancaman kebakaran hutan. (Daily Sabah)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 27 Juni 2022 | 20:20 WIB

Sariagri - Kebakaran hutan tidak hanya mengancam kehidupan manusia, tetapi juga berdampak buruk terhadap kehidupan ribuan hewan. Di Turki, tim medis dilaporkan berhasil melakukan aksi penyelamatan heroik terhadap seekor kura-kura yang keracunan karbon monoksida dalam kebakaran hutan di kota resor barat daya Turki, Marmaris.

Berkat terapi oksigen, mereka berhasil menyelamatkan kura-kura itu dari kematian. Menurut pernyataan otoritas setempat, sebuah tim yang terdiri dari sembilan orang, termasuk empat dokter hewan, ambulans hewan khusus dan kendaraan, memberikan layanan ke wilayah tersebut, saat kebakaran melanda.

Baca Juga: Kura-kura Ini Selamat dari Kematian Akibat Kebakaran Hutan
Intip 13 Jenis Burung Punai yang Ada di Indonesia



Bekerja sama dengan anggota Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD), Asosiasi Pencarian dan Penyelamatan Hewan, dan Departemen Perlindungan dan Pengendalian Lingkungan di daerah yang terbakar, tim menemukan kura-kura yang nyaris mati di hutan.


Kura-kura itu pun dirawat di klinik keliling Vetbus karena dipastikan menderita keracunan karbon monoksida. Berkat ketekunan tim medis dan terapi oksigen, kura-kura itu berhasil pulih. Melansir Daily Sabah, penyu yang telah diresusitasi itu akan dilepasliarkan ke lingkungan alaminya setelah sembuh total.

Menteri Pertanian dan Kehutanan mengatakan Sabtu bahwa kebakaran hutan terkendali setelah meletus di Marmaris awal pekan ini.

Video Terkait