Intip 13 Jenis Burung Punai yang Ada di Indonesia

Ilustrasi burung punai (Wikimedia Commons)

Editor: Tanti Malasari - Senin, 27 Juni 2022 | 16:40 WIB

Sariagri - Burung punai adalah salah satu jenis burung yang tergolong dalam keluarga Columbidaer dan Genus Treron. Mereka tergolong sebagai burung arboreal atau yang beraktivitas di atas pohon. Makanan burung punai adalah buah-buahan, seperti pisang, apel dan buah lunak lainnya.

Burung yang sangat dekat dengan burung merpati ini, memiliki ukuran tubuh yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, yakni berkisar 20-35 cm. Mereka hidup secara berkelompok, yang mana dalam satu kelompok berjumlah sekitar 7 – 8 ekor burung.

Jenis-jenis burung punai di Indonesia

Habitat mereka berada di hutan pantai, hutan magrove, hutan sekunder, hutan rawa-rawa, perkebunan yang berpohon jarang, di sekitar pemukiman, tempat-tempat terbuka dan lembah sampai ketinggian 1200 mdpl.

Suara burung punai sangat merdu dan memikat hati. Tak heran jika banyak para pecinta burung yang mengincarnya. Harga burung punai yang dibanderol dipasaran mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah.

Persebaran burung ini cukup luas, mulai dari Afrika dan Asia, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, tercatat unggas yang dikenal dengan nama burung punai tanah ini memiliki 13 jenis. Apa saja, berikut ulasannya.

1. Punai lengguak

Burung punai lengguak atau nama lainnya Thick-billed Green-pigeon adalah jenis punai yang mempunyai paruh yang tebal. Untuk yang jantan memiliki bahu berwarna merah padam dengan ciri khas mahkota abu-abu dan pangkal paruh merah.

Sedangkan yang betina memiliki tubuh dengan bulu berwarna hijau namun dengan mahkota abu-abu. Namun Treron curvirostra sama-sama memiliki ekor dengan bulu tengah berwarna hijau sedangkan bulu luar berwarna abu-abu.

2. Punai bakau

Jenis punai bakau atau Treron fulvicollis yang jantan bisa dicirikan dengan kepala dan dada yang berwarna coklat. Selain itu bahu dan punggung sang jantan berwarna merah padam.

Sementara punai bakau betina mirip dengan punai lenguak betina namun dengan warna yang lebih buram.

3. Punai besar

Untuk jenis punai dengan nama latin Treron capellei ini, memiliki tubuh yang besar dengan kaki berwarna kuning. Sang jantan memiliki dada berwarna oranye dan tungging coklat, sedangkan si betina memiliki warna seperti jantan namun lebih buram.

4. Punai Flores

Sesuai namanya, burung yang nama ilmiahnya Treron floris ini, banyak ditemukan di Pulau Flores. Punai yang berjenis kelamin jantan memiliki wajah abu-abu pucat dengan bagian jidat berwarna keputihan, serta bagian iris dan kaki berwarna merah.

Sementara yang betina memiliki penampilan yang serupa dengan jantan, hanya saja bagian punggungnya berwarna hijau polos

5. Punai gading

Jenis berikutnya ada punai gading atau nama lainnya adalah Pink-necked Green-pigeon. Kepala jenis punai gading jantan memiliki warna abu-abu, dengan leher merah jambu, dan dada berwarna oranye.

Sedangkan betina dicirikan dengan warna hijau dan tubuh bawah yang berwarna lebih muda. Namun Treron vernans sama-sama memiliki ekor berwarna abu-abu dengan tungging coklat.

6. Punai gagak

Selanjutnya ada jenis punai gagak atau nama latinnya Treron sphenurus. Untuk yang jantan tubuhnya berwarna hijau dengan bahu merah padam. Punai gagak jantan juga memiliki dada dan topi berwarna emas.

Sedangkan punai gagak betina berwarna hijau seluruhnya dengan kepala dan tubuh bawah hijau muda.

7. Punai kecil

Jenis lainnya adalah punai kecil atau Little green pigeon. Sesuai dengan namanya, punai ini memang memilki tubuh yang cenderung kecil dibanding punai lainnya. Jenis punai kecil ini memiliki ekor berwarna gelap.

Untuk yang jantan dicirikan dengan kepala berwarna abu-abu, dada oranye, dan bahu serta punggung merah padam. Sedangkan si betina dicirikan dengan warna hijau dengan mahkota abu-abu serta dada dan perut hijau muda.

8. Punai penganten

Jenis punai penganten atau nama latinnya Treron griseicauda memiliki bahu berwarna merah padam, dengan kepala abu-abu. Mereka juga memiliki ekor dengan bulu tengah hijau dan lubu luar abu-abu. Hanya saja, punai penganten betina memiliki muka yang berwarna hijau.

9. Punai salung

Punai dengan nama latin Treron oxyurus ini, memiliki tubuh yang hampir seluruhnya berwarna dengan ciri khas berupa ekor yang panjang dan meruncing.

Namun Punai salung jantan mmiliki tengkuk atau bagian belakang leher yang berwarna biru buram.

10. Punai siam

Jenis burung dengan nama latin Treron bicinctus ini, memiliki kepala berwarna hijau dengan leher merah muda, dada oranye, dan tengkuk abu-abu. Punai ini juga bisa dicirikan dari ekornya yang berwarna kehitaman.

11. Punai sumba

Treron teysmannii atau punai sumba adalah jenis punai yang tidak kalah menarik. Pada bagian dahi dan muka berwarna hijau kekuningan.

Punai Sumba jantan memiliki punggung bagian bawah yang berwarna merah-manggis, sedangkan yang betina punggungnya berwarna hijau, serta bagian sayap berwarna lebih pucat dibandingkan punai sumba jantan.

12. Punai timor

Punai timor atau juga nama lainnya Timor green pigeon adalah jenis punai yang hadir dengan warna hijau, termasuk pada mahkota, tenggorokan dan tunggir hijau kuning lebih terang.

Namun untuk yang jantan, tepi penutup sayap berwarna kuning terang. Sementara betina, tepi penutup sayapnya hadir dengan warna putih kekuningan.

Baca Juga: Intip 13 Jenis Burung Punai yang Ada di Indonesia
Burung Pelatuk: Spesifikasi, Karakteristik, Hingga Jenis-jenisnya

13. Punai Pandora

Punai yang satu ini juga dikenal dengan nama Buru green pigeon. Burung ini dikenali dengan mahkota yang berwarna abu-abu, palang sayap kuning lebar, penutup ekor bagian bawah putih.

Untuk yang jantan, punggungnya berwarna merah manggis. Namun sang betina justru berwarna lebih hijau daripada jantan dan punggunnya berbulu hijau.