Inggris Kirim Elang Merah ke Spanyol untuk Selamatkan Populasi

Burung elang merah. (Foto: Wikimedia Commons)

Editor: Putri - Jumat, 24 Juni 2022 | 16:10 WIB

Sariagri - Inggris mengirim burung elang merah ke Spanyol dalam misi menyelamatkan populasi elang merah yang semakin berkurang.

Mengutip BBC, Jumat (24/6/2022), populasi burung pemangsa terancam di beberapa daerah Spanyol akibat beberapa faktor, termasuk keracunan dan kekurangan makanan.

Para ahli diberi izin khusus untuk mengambil 30 elang merah dari Inggris dan melepaskannya di pegunungan terpencil di barat daya Spanyol. Diharapkan elang merah akan tumbuh dan berkembang biak di sana.

Di Inggris, elang merah mengalami perubahan yang luar biasa setelah hampir musnah. Program reintroduksi pada 1980-an dan 1990-an terbukti sangat berhasil sehingga populasinya sekarang dianggap cukup stabil untuk mendukung pekerjaan konservasi.

Dr Ian Evans dari Natural England pergi ke Spanyol pada 1990-an untuk mengumpulkan elang merah liar untuk dilepaskan di Chiltern Hills. Dia mengatakan burung elang yang dilepasliarkan mungkin keturunan Spanyol.

"Burung-burung yang kami ambil dari Spanyol pada tahun 90-an telah berkembang biak dengan sangat baik di Inggris, kita memiliki 4.000 lebih pasang elang merah di Inggris sekarang, yang merupakan kisah sukses yang luar biasa," jelas Evans.

Pada 1990-an, elang merah di Spanyol memiliki jumlah yang baik dibandingkan dengan Inggris. Di Inggris saat itu banyak elang merah yang mengalami penganiayaan oleh manusia, termasuk pengumpulan telur, diberi racun dan penembakan.

Namun ketika jumlah elang merah di Inggris telah berkembang pesat, populasi elang merah di beberapa bagian selatan Spanyol mendekati punah karena beberapa faktor.

Evans mengatakan alasan untuk membawa burung-burung itu kembali ke Spanyol dan melepaskannya di alam liar adalah untuk "mengamankan masa depan elang merah secara global."

Elang merah yang dilepasliarkan di Spanyol berusia beberapa minggu, tetapi sudah memiliki sebagian besar bulu dan dapat makan secara mandiri. Burung-burung yang dikirim ke Spanyol berasal dari hutan di Northamptonshire.

Baca Juga: Inggris Kirim Elang Merah ke Spanyol untuk Selamatkan Populasi
Seekor Elang Langka Dilepasliarkan di SM Pulau Semama

Nantinya ketika dilepasliarkan, 15 ekor elang merah itu dilengkapi dengan teknologi terbaru untuk memantau bagaimana mereka beradaptasi dengan habitat baru.

Burung elang merah ditemukan di seluruh Eropa dan jumlahnya meningkat secara keseluruhan dalam beberapa tahun terakhir, meskipun masih ada penurunan drastis di Spanyol selatan, Portugal, dan Jerman. Inggris sekarang menjadi rumah bagi lebih dari 10 persen populasi elang merah dunia.

Video Terkait