Jenis Burung Cendet, Beserta Perbedaan Antara Jantan dan Betina

Ilustrasi burung cendet (Wikimedia Commons)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 24 Juni 2022 | 15:50 WIB

Sariagri - Kepopuleran burung cendet seakan tidak lekang oleh waktu. Burung ini sangat mahir dalam meniru suara kicau dan suara benda yang ada di sekitarnya. Selain itu suara burung cendet juga sangat indah di dengar.

Tak heran jika banyak masyarakat yang menjadikan burung kicau ini sebagai hewan peliharaan. Harga burung cendet sangat beragam yakni berkisar Rp100.000 sampai Rp500.000. Perbedaan ini bergantung pada kicau burung cendet itu sendiri. Semakin gacor kicauannya, maka semakin mahal harga jualnya.

Jenis Burung Cendet

Burung ini memiliki banyak spesies. Setidaknya ada 74 jenis cendet, dan beberapa jenisnya ada di Indonesia, diantaranya:

1. Cendet Macan

Sesuai dengan namanya cendet ini memiliki corak bulu yang mirip dengan corak pada tubuh macan. Burung ini berhabitat di kawasan Siberia, dimana tempat tinggalnya adalah hutan berpohon rindang. Namun burung ini juga bisa ditemukan di daerah persawahan kawasan dataran rendah.

Jenis ini memiliki warna bulu putih pada dada hingga perut, dan abu-abu pada bagian kepala. Karakteristik dari burung ini juga dikenal sangat agresif dan membiarkan mangsanya tertancap pada duri pohon hingga tak berdaya.

Jenis ini banyak dicari karena suaranya yang sangat merdu serta kepiawaiannya dalam berkicau dalam waktu lama dan stabil.

2. Cendet Kepala Blangkon

Cendet kepala blangkon ini identik dengan bagian kepalanya yang mirip penutup kepala pria asli Jawa yaitu blangkon. Ciri khas ini membuatnya terlihat gagah berani dan ditakuti burung lain.

Jenis ini dikenal memiliki daya tahan tubuh yang kuat dibandingkan jenis lain. Hal ini membuatnya menjadi sangat jarang sakit.

Selain itu, burung ini memiliki badan yang kurus langsing dan ekor memanjang, menjadikannya sangat cantik dan menawan. Apalagi perpaduan warna bulunya yaitu hitam, coklat, dan sedikit warna putih.

Untuk perawatannya sendiri bisa dibilang cukup mudah, baik dari segi makanan, sangkar dan sosialisasi dengan burung lainnya.

3. Cendet Kembang

Burung ini juga dikenal dengan nama Cica Matahari. Burung ini dicirikan dengan suara unik yang hanya bisa dikeluarkannya setelah perawatan intensif.

Sayapnya berwarna coklat dengan bagian punggung memiliki motif garis, ciri khas lainnya dari burung ini adalah warna merah cerah pada iris matanya.

Sayangnya jenis ini sudah sangat sulit ditemukan. Hal ini dikarenakan jenis ini termasuk yang sulit dalam berkembang biak, jika tidak berada di tempat yang nyaman.

Lantas apa saja ciri-ciri dari burung yang satu ini? Berikut penjelasannya.

Ciri-Ciri Burung Cendet Jantan dan Betina

Burung yang nama latinnya Lanius vittatus ini, memiliki ciri-ciri yang unik dan menarik untuk disimak. Meski begitu sebenarnya ada juga cara untuk menggunakan cara tradisional untuk menentukan jenis kelaminnya, yaitu pakai cincin emas yang digantungkan di atas kepalanya.

Ciri Cendet Jantan

Jenis burung jantan ini sangat mudah dikenali. Jantan cendet memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan betina, beberapa diantaranya adalah:

Baca Juga: Jenis Burung Cendet, Beserta Perbedaan Antara Jantan dan Betina
Burung Trucukan: Mulai dari Spesifikasi, Penyebaran Sampai Cara Menjinakkan

• Cendet jantan memiliki karakter yang lebih agresif dan cekatan dibanding betina, baik saat beraktivitas maupun berkicau.
• Selain itu cendet jantan memiliki warna hitam sangat pekat dibanding bagian lain dari tubuhnya
• Untuk bagian kepala cendet jantan memiliki bentuk ceper pada bagian atas dan datar pada sisinya.
• Sementara pada bagian ujung paruh cendet jantan lebih tebal ketimbang bagian lainnya.
• Pada ujung kepala juga berwarna hitam seperti menggunakan tutup kepala atau blangkon dalam bahasa Jawa.
• Cendet jantan yang masih muda memiliki ekor berwarna hitam
• Cendet jantan juga memiliki bentuk wajah yang sangat seram dan menakutkan, dengan sorot mata yang sangat tajam.

Ciri Cendet Betina

Sementara cendet betina dapat dikenali dengan ciri-ciri sebagai berikut:

• Cendet betina memiliki paruh yang lebih tipis jika dibandingkan dengan cendet jantan.
• Cendet betina memiliki karakternya yang tidak agresif dan cenderung pemalu jika bertemu orang baru.
• Centet betina memiliki bulu pada area tulang pubis yang lebih teratur dan indah, bahkan terlihat seperti kelopak bunga mekar.
• Kepala cendet betina terlihat lebih bulat dan tampak menggembung pada bagian belakangnya.
• Sementara untuk wajah cendet betina tidak menakutkan sebab terlihat lebih ramah jika dibandingkan jantan.
• Untuk ekornya, cendet betina memiliki warna hitam pucat.
• Pada bagian pipi, bulu burung cendet betina berwarna hitam pucat bahkan hanya berbentuk guratan yang tidak tegas.

Video Terkait