Viral Video Orangutan Merokok di Kebun Binatang, Tuai Kecaman Aktivis

Viral Orangutan mengisap rokok di kebun binatang (Istimewa)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 24 Juni 2022 | 16:55 WIB

Sariagri - Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan seekor orangutan tengah mengisap rokok di Kebun Binatang Raya Saigon di Kota Ho Chi Minh, Vietnam.

Primata berjenis jantan itu terlihat santai mengisap rokok sambil duduk di lantai kandangnya sambil memegang asap di antara jari-jarinya seperti manusia. Dia kemudian melihat kerumunan sebelum mengambil dua tarikan panjang pada rokok dan mematikannya dengan hati-hati di beberapa batu.

Melihat video unggahan tersebut, banyak warganet yang menyebut bahwa orangutan tersebut ahli dalam merokok. Hal ini terlihat dari aksi si orangutan memeriksa puntung rokok guna memastikan rokok tersebut sudah padam sebelum dibuang.

Seorang juru bicara Kebun Binatang dan Kebun Raya Saigon mengatakan kepada bahwa orangutan menemukan rokok itu setelah dilemparkan oleh seorang tamu. Pihaknya mengklarifikasi bahwa rokok tersebut tidak diberikan oleh staf kebun binatang.

"Orang sering membuang barang-barang ke dalam kandang hewan dan orangutan belajar cara menggunakan benda-benda ini dengan melihat bagaimana orang menggunakannya," kata juru bicara tersebut, dikutip dari timesnonews.

Media lokal melaporkan bahwa ada beberapa insiden di masa lalu, dimana pengunjung membuang sampah di dalam kandang primata di kebun binatang.

Menanggapi video viral tersebut, aktivis hewan menuliskan kemarahannya lewat Twitter dan berbagi pendapat mereka tentang insiden tersebut.

Baca Juga: Viral Video Orangutan Merokok di Kebun Binatang, Tuai Kecaman Aktivis
Pria yang Viral Karena Ditarik Orangutan Beri Klarifikasi dan Minta Maaf

"Makhluk malang mengurung dan meniru sifat manusia. Saya tidak merasa lucu, hanya sedih dengan apa yang kita lakukan terhadap hewan yang jelas cerdas ini," kata seorang aktivis.

"Kurasa seseorang menunjukkan cara merokok kepada orangutan. Aku pernah melihatnya melakukannya. Mengerikan. Kurasa itu membuat manusia merasa lebih kuat, bahwa mereka telah membuat makhluk ini kecanduan zat berbahaya," ujar aktivis lainnya.