Ular Piton Burma Terbesar di Florida Ditemukan, Panjangnya 5,4 Meter!

Ilustrasi piton burma. (Foto: Wikimedia Commons)

Editor: Putri - Kamis, 23 Juni 2022 | 15:20 WIB

Sariagri - Ular piton Burma terbesar yang pernah terlihat di Florida telah ditemukan. Ular tersebut dipancing keluar dari tempat persembunyiannya di Everglades oleh para peneliti menggunakan piton lain sebagai umpan.

Mengutip Live Science, Kamis (23/6/2022), ular raksasa itu berjenis kelamin betina, dengan panjang hampir 5,4 meter dan berat 97 kilogram. Ular ini 13,6 kg lebih berat dari ular piton sebelumnya yang pernah ditemukan di negara bagian tersebut.

Kebanyakan ular piton Burma (Python bivittatus) yang ditemukan di Florida memiliki panjang antara 1,8 hingga 3 meter. Bahkan di habitat aslinya di Asia Tenggara, ular ini biasanya mencapai panjang 5,4 meter dan ular terbesar dapat mencapai panjang 6 meter atau lebih. Demikian penjelasan Komisi Konservasi Ikan dan Margasatwa Florida.

Sejak diperkenalkan di Florida pada 1970-an, ular piton invasif ini berhasil dikembangbiakkan di wilayah selatan negara bagian itu. Mereka memangsa banyak burung dan mamalia asli serta sesekali buaya atau anjing peliharaan.

Meskipun lebih besar dari sebagian besar spesies ular asli Florida, ular piton Burma sangat sulit ditemukan di rawa-rawa yang luas, hutan dan hutan subtropis Everglades dan daerah sekitarnya.

Berbagai cara dilakukan untuk mengurangi populasi invasif ini, antara lain dengan menarik ular betina yang aktif secara reproduktif keluar dari persembunyiannya serta menggunakan alat pelacak yang ditempatkan pada ular piton pengumpan.

Mengutip National Geographic, Conservancy of Southwest Florida, sebuah organisasi yang berbasis di Naples, menanamkan pelacak GPS di dalam ular piton jantan, kemudian mengirim ular pengumpan ini merayap ke alam liar.

"Ular piton betina yang bereproduksi besar sangat penting untuk dihilangkan dari ekosistem ini, karena secara tidak proporsional mampu menghasilkan banyak keturunan," ujar ahli biologi dari Komisi Konservasi Ikan dan Margasatwa Florida Sarah Funck.

Seekor ular piton pengumpan sepanjang 3,7 meter bernama Dionysus atau biasa dijuluki Dion, juga pernah digunakan sebagai umpan untuk menangkap ular betina piton Burma pada Desember 2021.

Setelah menidurkan ular betina, tim melakukan nekropsi pada ular piton yang besar dan kuat. Di dalam tubuhnya, mereka menemukan 122 telur "folikel", yakni struktur bulat kasar yang akan matang menjadi telur setelah dibuahi.

Di saluran pencernaan ular, mereka juga menemukan potongan-potongan bulu, gumpalan tulang terlarut dan sepotong kuku, bukti bahwa makanan terakhir ular piton adalah rusa berekor putih dewasa.

Baca Juga: Ular Piton Burma Terbesar di Florida Ditemukan, Panjangnya 5,4 Meter!
Ular Piton dan Buaya yang Pernah Gigit Anak Sekolah Dibebasliarkan



Berdasarkan nekropsi serupa yang dilakukan sebelumnya, para ilmuwan menyimpulkan bahwa ular piton Burma memangsa sekitar 24 spesies mamalia, 47 spesies burung, dan dua spesies reptil di negara bagian Florida.

"Ular piton ini memiliki kemampuan untuk mengubah ekosistem secara total, dan mereka mungkin sudah melakukannya," kata ahli ekolog dari US Geological Survey Wetland and Aquatic Research Center, Kristen Hart. 

Video Terkait