Ketahui Burung Murai Batu, Mulai Karakteristik, Jenis-jenis Sampai Harganya

Ilustrasi burung murai batu (Flickr)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 17 Juni 2022 | 12:50 WIB

Sariagri - Burung murai batu adalah salah satu burung kicau yang populer di tanah air. Burung dengan nama latin Copsychus malabaricus ini masuk dalam keluarga Muscicapidae atau burung cacing dan genus Copsychus.

Selain murai batu, burung yang satu ini juga dikenal dengan sebutan kucica hutan. Ia bisa ditemui di hutan yang rapat atau hutan sekunder seperti India, Sri Lanka, Cina, dan negara Asia Tenggara lainnya. Jika Indonesia, murai batu banyak ditemui di Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, dan Pulau Papua.

Karakteristik Burung Murai Batu

Murai batu sangat dikenal memiliki suara yang indah dan merdu. Ia juga bahkan mahir dalam menirukan berbagai macam suara. Keahliannya ini membuatnya berada diatas rata-rata, dan kerap dijadikan sebagai burung lomba dalam kelas tertinggi.

Beberapa penghobi burung kicau menyebutkan bahwa jenis murai batu dari Indonesia adalah yang terbaik dari jenis murai batu yang ada. Pasalnya suara burung murai batu sangat khas dan tidak dimiliki oleh burung impor lainnya.

Secara fisik pun, murai batu memiliki bentuk yang menawan. Ekornya yang panjang, dengan paduan warna yang indah membuatnya terlihat sangat eksotis jika dipandang.

Selama hidupnya, mereka sangat gemar berkelompok. Burung ini dikenal teritorial dan sangat kuat dalam mempertahankan wilayahnya.

Jenis-jenis dan Harga Burung Murai Batu

Sebenarnya ada banyak jenis murai batu yang beredar di pasaran. Namun setidaknya hanya 7 jenis yang paling banyak diminati oleh para pecinta burung kicau.

Jika Sobat Agri tertarik untuk membeli burung kicau ini, ada baiknya membaca informasi berikut ini.

1. Burung Murai Batu Medan

Murai Batu Medan merupakan salah satu yang terbaik. Ia juga menjadi yang paling banyak dijadikan sebagai masteran. Burung ini memiliki ekor yang panjangnya bisa mencapai 30 centimeter.

Pada bagian kepala hingga sayapnya di dominasi warna hitam elegan dan bagian dadanya dibalut warna orange yang indah. Suara kicaunya sangat merdu dan keras sekali.

Tak heran mengapa burung ini menjadi paling banyak diburu, meskipun harga kucica hutan ini masih relatif mahal. Dipasaran harga burung Murai Batu Medan yang dewasa dan gacor dibanderol pada kisaran 1.300.000 hingga 1.400.000 tergantung suara kicaunya.

Sementara anakan yang berusia sekitar 4 bulanan, biasa di bandrol dengan kisaran harga 700.000.

2. Harga Murai Batu Lampung

Secara fisik, ukuran tubuh Murai Batu Lampung tidak jauh berbeda dengan Murai Batu Medan. Namun ekornya memang berukuran lebih pendek, yakni hanya sekitar 12 hingga 18 centimeter saja.

Meski begitu burung ini tetap memiliki suara yang sangat merdu. Selain memiliki suara yang lantang, stamina Murai Batu Lampung juga tinggi.

Ia akan tak akan menyerah dan akan terus berusaha menghasilkan suara terbaik dengan meniru suara burung lain di sekelilingnya.

Jika berminat memeliharanya, siapkan dana sekitar 1 jutaan atau jika ingin memiliki murai batu lampung super biasanya di hargai 1.500.000 hingga 1.800.000 rupiah.

3. Harga Murai Batu Nias

Sesuai namanya, murai batu yang satu ini memang berasal dari Nias, Sumatra Utara. Murai batu ini memiliki kicau yang khas dan biasanya bersaing dengan murai medan dalam kompetisi burung kicau.

Perbedaan dari keduanya hanyalah ukuran tubuh murai batu Nias yang lebih kecil. Murai Batu Nias memiliki suara yang jernih dan keras. Mereka juga bisa menirukan suara burung lain di sekitar mereka.

Hal inilah yang membuat harganya tergolong cukup mahal. Untuk murai batu Nias yang dewasa, dijual dengan harga 1.400.000 rupiah bahkan bisa lebih tergantung suara kicaunya.

4. Harga Murai Batu Borneo

Murai Batu Borneo bisa ditemukan dalam tiga ras, yaitu ras banjar, ras mahkota, dan ras palangka. Ketiganya tersebar di wilayah Kalimantan. Ukurannya memang lebih mungil jika dibandingkan Murai Batu Medan.

Meski begitu, murai batu ini memiliki ciri tersendiri, yaitu warna bulu khusus di bagian ekornya. Mereka juga termasuk burung murai yang sangat pandai menirukan masteran burung yang di dengarnya.

Apalagi jika kamu bisa mendapatkannya langsung dari hutan, maka burung ini akan menghasilkan suara yang lebih merdu. Burung ini biasanya di hargai lebih murah yakni pada kisaran 600.000 rupiah saja.

5. Harga Murai Batu Aceh

Ujung Barat Indonesia, yaitu Kota Sabang, Aceh juga menjadi penyumbang terbesar murai batu, salah satunya adalah jenis Murai Batu Aceh. Jenis murai batu yang satu ini menjadi yang paling mahal di pasaran.

Harganya dibanderol mulai dari 1.500.000 hingga 2.000.000 rupiah. Bahkan ada juga yang menjualnya hingga puluhan juta hanya untuk satu ekornya karena keberadaan burung ini tergolong cukup langka.

Penampilan burung ini sangat indah, apalagi ekornya yang bisa mencapai 30 sentimeter ini, membuat siapapun terpesona melihatnya. Suaranya juga sangat indah dan nyaring didengar, sehingga tidak heran banyak yang memburu burung ini.

6. Harga Murai Batu Papua

Selain burung cenderawasih, Pulau Papua juga terkenal akan keberadaan burung murai batunya. Warna bulunya yang hijau pualam membuat burung ini cukup menjadi favorit.

Burung yang terkadang di sebut Murai Batu Irian ini memiliki lengkingan suara yang sangat memukau dan keras sekali. Bahkan mereka bisa berkicau dalam waktu yang lama, karena stamina mereka dikenal kuat secara genetik.

Baca Juga: Ketahui Burung Murai Batu, Mulai Karakteristik, Jenis-jenis Sampai Harganya
Mengenal Burung Murai, Jenis Burung Kicau Populer dengan Harga Mahal

Tak heran jika burung ini menjadi dambaan pecinta burung kicau di tanah air. Untuk mendapatkannya, burung ini dijual dengan kisaran harga 2.000.000 rupiah atau lebih.

7. Harga Murai Batu Air

Dibandingkan keenam jenis diatas, jenis murai batu air terbilang paling murah. Untuk mendapatkannya, kamu hanya cukup mengeluarkan uang sebesar 300 ribuan saja.

Meski begitu, burung ini tetap saja ahli dalam berkicau dengan merdu.