Kenali Blue Jay, Burung Romantis Melambangkan Cinta Sejati

Ilustrasi Blue Jay (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Jumat, 17 Juni 2022 | 19:10 WIB

Sariagri - Blue jay merupakan burung yang melambangkan cinta sejati. Hal tersebut dikarenakan burung ini hanya akan memiliki satu pasangan selama hidupnya. So sweet-nya lagi, burung jantan dan betina akan merawat anak-anak mereka setelah telur menetas.

Burung dengan nama ilmiah Cyanocitta cristataini berasal dari wilayah Amerika Utara bagian timur. Pesonanya yang cantik dengan warna bulu biru berkombinasi putih dan hitam membuat orang yang melihatnya terpesona.

Uniknya, sebenarnya warna asli bulu blue jay itu berwarna cokelat, karena faktor gangguan cahaya jadi terlihat menjadi biru. Pada bagian kepala, blue jay memiliki semacam jambul.

Habitat asli burung blue jay berada di hutan dengan pepohonan yang lebat. Namun, burung ini termasuk burung yang mudah beradaptasi di segala tempat. Mereka dapat bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain untuk mendapatkan tempat tinggal yang ideal.

Di alam liar, blue jay dapat hidup hingga tujuh tahun. Blue jay tertua yang hidup di alam liar diperkirakan berusia 26 tahun 11 bulan, ditemukan mati akibat terperangkap perlengkapan memancing.

Dilansir All About Birds, burung tersebut telah ditandai di daerah Newfoundland dan Labrador Provinsi Kanada pada 1989. Di wilayah ini pula, burung tersebut ditemukan mati pada 2016. Selama 40 tahun terakhir, populasi blue jay di daerah asalnya terbilang stabil.

Seperti yang disebutkan di awal, jika blue jay hanya hidup dengan satu pasangan hingga salah satunya mati. Betina akan memilih satu di antara 6 burung jantan yang mengejarnya.

Setelah keduanya kawin, jantan akan mencari makanan untuk betina sebagai pertanda agar tidak diganggu oleh jantan lainnya. Keromantisan tidak berhenti di situ, saat membuat sarang, jantan dan betina akan melakukannya bersama-sama.

Blue jay jantan akan akan mencari bahan untuk membuat sarang, sedangkan yang betina akan membuat sarang hingga bisa ditempati. Dalam mengasuh anak-anaknya, sang jantan bertugas menjaga sarang dan anak-anaknya selama kurang lebih dua bulan hingga anak blue jay bisa mandiri.

Setelah anak blue jay meninggalkan sarang, betina dan jantan tetap bersama.

Burung cantik satu ini dikenal pandai menirukan suara burung lain seperti burung elang. Kepiawaian ini digunakan untuk mengelabui predator atau mengusir burung lain dari sarangnya. Inilah salah satu cara untuk bertahan hidup yang biasa dilakukan blue jay di alam bebas.

Perilaku unik lain dari burung ini adalah dapat menggunakan lidi untuk mengambil makanannya. Blue jay dapat menggunakan paruh atau kakinya untuk memegang lidi tersebut kemudian mengais makanan mendekat.

Bukan hanya itu, kecerdasan blue jay untuk bertahan hidup ditunjukkan melalui caranya menghadapi musim dingin. Saat hidup di alam bebas, burung ini akan mengubur makanannya di dalam tanah sebagai cadangan. Pakan utamanya antara lain biji-bijian dan serangga kecil.

Baca Juga: Kenali Blue Jay, Burung Romantis Melambangkan Cinta Sejati
Ratusan Burung Sitaan Balai Karantina Lampung Dilepasliarkan

Sebagai salah satu anggota keluarga gagak, blue jay juga tergolong cerdas dan penuh rasa ingin tahu. Laman Animalia mengungkapkan perilaku blue jay muda yang sering mengambil barang-barang menarik, seperti tutup botol atau potongan aluminium foil.

Barang-barang tersebut akan dibawa sampai kehilangan ketertarikannya. Di penangkaran, blue jay juga diamati memanfaatkan potongan kertas koran untuk mengambil makanan lebih mudah.

Video Terkait