Fakta Burung Gagak, Burung Cerdas yang Menyimpan Banyak Mitos

Ilustrasi burung gagak (Pxhere)

Editor: Tanti Malasari - Kamis, 16 Juni 2022 | 16:50 WIB

Sariagri - Melihat burung gagak, terkadang membuat bulu kuduk merinding. Pasalnya penampakan burung ini memang sangat menyeramkan.

Selain itu apabila mendengar suara burung gagak yang nyaring hingga menusuk telinga, membuat gagak selalu dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis.

Agar tidak salah pemahaman, berikut adalah sejumlah fakta mengenai gagak yang perlu kamu ketahui.

Fakta tentang burung gagak

Tahukah kamu gagak tidak hanya berwarna hitam, tetapi juga ada burung gagak putih. Kuat dugaan, gagak tersebut mengalami leusisme, yaitu sebuah kondisi di mana individu mengalami mutasi genetik hingga mengakibatkan berkurangnya pigmen di kulit dan bulunya. Berikut fakta menarik tentang gagak.

1. Burung yang takut akan kematian

Perilaku burung ini dianggap sebagai pertanda kematian ketika melihat gagak lain ada yang mati. Mereka akan menyalak dengan berisik dan melakukan semacam pemakaman bagi rekannya yang meninggal.

Dilansir dari National Geographic, hal itu dikarenakan mereka cenderung mencoba mencari tahu apakah ada ancaman di mana kematian tersebut terjadi sehingga bisa menghindarinya.

Pasalnya gagak termasuk burung yang mengerti akan kematian dan takut akan hal tersebut, sehingga mereka akan menghindari tempat dan obyek yang dianggap mengancam nyawa.

2. Burung yang dianggap perwujudan tiga dewi

Berdasarkan sejaran, gagak adalah perwujudan dewi perang dan kematian. Dalam mitologi kuno bangsa Celtic, gagak dianggap merupakan perwujudan tiga dewi perang dan kematian, yaitu Morrigan.

Dilansir dari Mythopedia, Morrigan sendiri terdiri dari tiga dewi paling kuat di Irlandia, mereka dapat melihat masa depan dan akhir dunia yang bisa memberikan ketakutan magis luar biasa.

3. Burung yang setia

Gagak sangat senang bersosialisasi, sehingga banyak yang menganggapnya sebagai hewan sosial. Mereka akan berkomunikasi dengan sesamanya dengan panggilan-panggilan yang berbeda.

Mereka juga akan bertukar berbagai macam informasi dan dapat meminta pertolongan ketika merasa terancam. Setiap kawanan gagak akan saling menolong temannya yang sedang terancam. Tak heran mereka dikenal sebagai hewan yang setia.

4. Burung yang cerdas

Burung yang satu ini juga dikenal sebagai hewan yang cedas. Alasannya karena gagak memiliki kapasitas kecerdasan yang hampir setara dengan anak berusia tujuh tahun.

Dilansir dari National Geographic, ketika kamu mengajari burung ini menggunakan suatu alat khusus, gagak akan mengingatnya. Dalam sehari mereka menggunakan alat khusus tersebut kembali di antara pilihan yang lain.

Selain itu, gagak juga mudah beradaptasi dengan cepat di lingkungan baru, merencanakan masa depan (mereka sering menabung makanan), dan memahami analogi (bisa mencocokan warna, bentuk, dan nomor).

5. Menyukai telur rebus

Gagak sangat menyukai telur rebus. Selain itu, makanan burung gagak adalah kacang-kacangan, daging ayam, dan buah-buahan, seperti pisang, pepaya,

Mitos burung gagak

Banyak yang percaya bahwa kedatangan gagak hitam akan mendatangkan malapetaka bagi pemilik rumah. Salah satunya yaitu menjadi pertanda jika sang pemilik rumah bakal meninggal dunia.

Namun sebenarnya, kepercayaan ini tidaklah sepenuhnya benar. Sebab ternyata adanya suara gagak di sekitar kita juga bisa menjadi pertanda baik. Hal ini tergantung pada waktu kapan gagak berbunyi.

Berikut arti suara gagak, sesuai dengan waktu berbunyinya

1. Jam 7-8 pagi dan Jam 7-8 malam

Gagak yang bersuara pada waktu jam 7 sampai jam 8 siang, maka menjadi pertanda bahwa sang pemiliki pekarangan atau rumah akan mendapatkan kabar baik dari saudara jauh.

Namun jika suaranya terdengar pada jam 7 sampai jam 8 malam maka yang punya tempat akan mendapat banyak keberuntungan.

2. Jam 9-10 siang dan Jam 9-10 malam

Gagak yang bersuara pada jam 9 sampai dengan jam 10 siang, dipercaya si pemilik rumah akan mendapat kabar baik dari orang lain.

Sebaliknya jika mendengar suara burung itu pada jam 9 sampai jam 10 malam, maka si pemilik rumah akan mendapat fitnah dari orang.

3. Jam 11-12 siang dan Jam 11-12 malam

Suara gagak yang terdengar pada jam 11 sampai jam 12 siang, pertanda jika penunggu bumi meminta tumbal, dan akan ada musibah yang datang.

Namun ketika mendengar gagak bersuara pada jam 11 sampai jam 12 malam, maka sang pemilik rumah akan kedatangan tamu dari jauh.

4. Jam 1-2 siang dan Jam 1-2 malam

Jika burung ini ber bunyi pada jam 1 sampai jam 2 siang maka menjadi pertanda yang memiliki rumah akan kehilangan. Sebaliknya, jika bunyinya pada jam 1 sampai jam 2 malam maka akan sang pemilik rumah akan mendapatkan rezeki.

Baca Juga: Fakta Burung Gagak, Burung Cerdas yang Menyimpan Banyak Mitos
Jenis Burung Nuri yang Ada di Indonesia Lengkap dengan Harganya

5. Jam 3-4 sore dan Jam 3-4 subuh

Gagak yang bersuara pada jam 3 sampai jam 4 sore maka akan jadi pertanda jika akan kedatangan orang baik.

Namun jika pada jam 3 sampai dengan jam 4 subuh maka yang punya pekarangan akan ada cekcok dengan orang lain.

6. Jam 5-6 sore dan Jam 5-6 pagi

Ketika mendengar burung gagak bersuara pada jam 5 sampai jam 6 sore, maka menjadi pertanda yang punya pekarangan akan menemukan masalah dan kehilangan barang.

Berbeda jika mendengarnya pada jam 5 sampai jam 6 pagi, artinya sang pemilik pekarangan akan mendapatkan keberuntungan dan rezeki yang banyak.