Mengenal Burung Pipit, Burung Paruh Kecil Pemakan Biji-bijian

Ilustrasi burung pipit (Pxhere)

Editor: Tanti Malasari - Kamis, 16 Juni 2022 | 12:40 WIB

Sariagri - Burung pipit adalah salah satu jenis burung yang banyak diminati oleh para pecinta burung. Selain bentuknya yang menawan, burung ini bisa dilatih untuk menjadi burung jinak atau mungkin bisa dilatih sebagai hewan peliharaan yang sangat patuh kepada pemiliknya.

Hal ini pun membuat harga burung liar ini bisa naik menjadi sekitar 20 ribu sampai 30 ribu rupiah. Padahal sebelumnya burung pipit sawah ini hanya dijual dengan kisaran harga 2 ribu rupiah sbagai pakan reptil, atau bahkan untuk sekedar mainan anak-anak.

Spesifikasi burung pipit

Jika Sobat Agri tertarik untuk memeliharanya, sebaiknya kamu mengenal terlebih dahulu mengenai burung yang satu ini. Sebab perawatan burung pipit tidak dapat disama-ratakan dengan burung lainnya.

Di Indonesia sendiri, burung ini juga dikenal dengan sebutan burung emprit atau bondol. Bahkan ada yang menyebutnya juga dengan nama burung finch. Burung emprit ini termasuk dalam kelompok aves dari famili Estrildidae atau burung berparuh pendek pemakan biji-bijian.

Habitat

Perlu diketahui, habitat burung ini adalah wilayah yang memiliki suhu hangat. Burung ini sangat menyukai suhu hangat untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Mereka bahkan tidak dapat bertahan pada iklim dingin. Tak heran jika mereka sangat mudah di jumpai di Indonesia, yang memiliki iklim tropis.

Burung pipit umumnya membuat sarang di pohon yang terbuat dari jerami padi atau rumput yang telah kering. Biasanya burung emprit akan membuat sarang di pohon kelapa, pohon jambu, dan pohon cemara.

Sarang ini dibuat dengan ketinggian 4 sampai 6 meter. untuk melindungi diri dari predator, seperti ular, kadal, dan reptil lainnya.

Makanan

Di alam liar, makanan burung pipit biji-bijian, seperti padi atau jagung yang sebentar lagi akan dipanen. Hal inilah yang membuat burung kecil ini kerap terlihat di area persawahan, terutama ketika musim panen tiba.

Ditambah lagi mereka hidup secara bergerombol, sehingga ketika musim panen padi tiba, banyak petani yang memasang perangkap untuk menjaring pipit dan tikus. Selain biji-bijian, pipit juga senang memakan serangga dan ulat kecil.

Sebenarnya interaksi yang terjadi antara tikus dan burung pipit adalah interaksi antara dua jenis makhluk hidup yang tidak saling memengaruhi meskipun hidup di habitat yang sama, interaksi ini disebut netral atau Netralisme.

Tak heran jika keduanya sama-sama dianggap sebagai hama pengganggu bagi petani. Namun saat dijadikan sebagai peliharaan, burung emprit bisa diberikan pakan berupa milet, biji kecil yang kerap dijadikan pakan burung parkit, perkutut, hingga lovebird.

Selain itu kamu juga bisa memberikan pipit peliharaan kamu dengan kenari seed atau biji kenari. Biji dari kacang kenari ini kerap diberikan sebagai pakan burung kenari, tetapi bagi burung emprit pun tetap cocok untuk diberikan.

Perlu diingat, pemberian makanan yang tidak terlalu kasar juga menjadi salah satu alternatif pakan bagi pipit agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

Morfologi

Jika dilihat secara fisik, pipit tampak mirip dengan burung gereja, karena sama-sama memiliki paruh pendek. Namun sebagai salah satu burung berukuran mungil, ada beberapa ciri khas yang dapat diidentifikasi dari burung ini. Berikut ulasan lengkapnya!

1. Memiliki Tubuh Kecil

Jika dibandingkan dengan ukuran burung lainnya, pipit tergolong jenis burung berukuran kecil. Mereka hanya berukuran sekitar 10 cm dengan berat 5 gram saja.

Baca Juga: Mengenal Burung Pipit, Burung Paruh Kecil Pemakan Biji-bijian
Mengenal Burung Beo, Mulai dari Spesifikasi, Habitat dan Jenis-jenisnya

2. Berparuh Pendek

Seperti yang disampaikan sebelumnya, pipit adalah burung yang memiliki bentuk paruh yang pendek dan runcing. Hal ini membuatnya dikenal sebagai pemakan biji-bijian. Dengan adanya paruh runcing tersebut, sangat berfungsi untuk menghancurkan biji bijian yang akan ditelannya.

3. Bulu Menarik

Salah satu ciri khas lain, yang sangat menarik adalah bulunya. Jika diperhatikan bulu yang dimiliki burung emprit memiliki warna-warna indah dengan perpaduan yang cantik. Oleh karena itu, banyak para pecinta burung menjadi tertarik untuk memilikinya.