RI Dorong Platform Pembelajaran Rehabilitasi Mangrove dan Gambut di G20

Ilustrasi - Kawasan hutan mangrove. (Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 13 Juni 2022 | 20:20 WIB

Sariagri - Indonesia akan mendorong pembuatan platform pembelajaran untuk restorasi dan rehabilitasi mangrove serta gambut dalam Presidensi G20.

"Isu yang akan kita angkat salah satunya di G20 adalah kita akan membuat platform pembelajaran untuk rehabilitasi mangrove dan gambut," ujar Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Sigit Reliantoro di Jakarta, Senin (13.6.2022).

Dia menjelaskan peran Indonesia terus mendorong diplomasi lingkungan dan telah menyuarakan kepentingan dan keberhasilannya dalam bidang lingkungan hidup di berbagai forum internasional.

Sejak Konferensi PBB tentang Lingkungan Hidup pada 1972, Indonesia terus memperlihatkan komitmennya terhadap berbagai konvensi internasional untuk sektor lingkungan hidup.

Contoh komitmen Indonesia akan konvensi internasional, lanjut dia, seperti ratifikasi Perjanjian Paris lewat Undang-Undang No.16 Tahun 2016 dan pencetusan target penyerapan bersih (net sink) karbon di sektor kehutanan dan penggunaan lahan (forestry and other land use/FoLU) pada 2030.

Baca Juga: RI Dorong Platform Pembelajaran Rehabilitasi Mangrove dan Gambut di G20
Rincian Recofusing dan Realokasi Anggaran Belanja KLHK 2021



"Diplomasi lingkungan Indonesia itu menjadi semakin penting untuk memperkuat posisi Indonesia di kancah diplomasi internasional," pungkasnya.

Video Terkait