10 Cara Mengusir Semut yang Ampuh dengan Bahan Alami

Ilustrasi semut di rumah (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 8 Juni 2022 | 17:40 WIB

Sariagri - Semut merupakan jenis serangga yang populasinya paling banyak di dunia. Mereka hidup secara berkoloni, sehingga kehadirannya kerap meresahkan. Pasalnya semut amat mengganggu aktivitas dan bisa mengkontaminasi makanan. Hingga akhirnya wajar apabila kita mencari cara mengusir semut yang ada di rumah.

Lantas bagaimana cara mengusir semut merah dan cara mengusir semut hitam yang ampuh? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

Cara mengusir semut dengan bahan alami

Sebenarnya membasmi semut bisa dilakukan menggunakan bahan kimia. Namun sebelum itu, tidak ada salahnya jika kamu memanfaat bahan alami yang ada di rumah untuk mengusir serangga yang satu ini.

1. Bubuk merica atau cabe bubuk

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara untuk mengusir semut adalah bubuk merica atau bubuk cabe. Kedua bubuk ini sangat khas dengan aroma pedas dan panas.

Ini akan membuat semut kabur dan tidak akan balik lagi. Caranya mudah, kamu cukup taburkan bubuk ini ke lantai yang ada barisan semut atau area yang biasa dilalui semut.

2. Garam

Bahan dapur ini bukan hanya untuk membuat rasa asin pada masakan, melainkan dimanfaatkan untuk mengusir semut yang ada di rumah.

Kamu cukup menaburkan garam di area pinggir dapur dan teras rumah. Dijamin semut di rumah akan terjebak dan tidak bisa keluar dari sarangnya.

3. Bubuk kayu manis

Bubuk ini biasanya digunakan untuk bumbu dapur. Aromanya sangat khas dan kuat. Namun tahukah kamu, berkat aromanya ini ternyata bisa menjadi cara untuk mengusir semut.

Tidak berbeda dengan sebelumnya, kamu juga cukup menaburkan bubuk kayu manis pada lantai yang sering dilewati oleh semut.

Namun jika tidak ingin berserakan bubuknya, kamu juga bisa menggunakan kayu manis dengan bentuk minyak esensial.

4. Tepung terigu

Tidak hanya digunakan untuk membuat makanan, tepung terigu juga bisa digunakan sebagai cara mengusir semut. Caranya juga hampir sama, yakni dengan menaburkan tepung ke lokasi titik yang biasanya dilalui atau sarang semut berada.

Sebenarnya tepung ini tidak bisa memusnahkan semut secara langsung, tetapi setidaknya cara ini bisa digunakan untuk mengusir semut karena mereka enggan melewati area yang ditaburkan tepung.

5. Cuka

Cuka memiliki bau yang sangat menyengat. Bau ini ternyata tidak disukai oleh semut. Dengan begitu kamu bisa menggunakannya sebagai cara mengusir semut.

Kamu bisa mencampurkan cuka dan air dengan perbandingan 50:50. Lalu kamu bisa memindahkannya ke cairan ke botol spray dan menyemprotkannya ke area sarang semut.

6. Cengkeh

Cengkeh adalah salah satu rempah-rempahan asli Indonesia. Rempah ini dikenal memiliki aroma menyengat yang tidak disukai oleh semut. Tidak percaya?

Coba kamu letakkan beberapa cengkeh pada area yang sering dikunjungi semut. Dijamin semut kabur dan tidak akan datang lagi.

7. Lemon

Selain ketiga bahan tadi, kamu juga bisa menggunakan lemon. Buah yang satu ini aromanya sangat menyengat, sehingga mampu berfungsi mengusir semut yang hendak masuk ke dalam rumah.

Caranya ada dua, yaitu dengan menyemprotkan perasan sari lemon pada lokasi yang paling berpotensi dijumpai semut, seperti pada ambang pintu, kusen jendela dapur, lubang retakan tembok, dan sebagainya.

Lalu yang kedua, dengan menggunakan kulit buah lemon. Kulit buah ini sebaiknya dikupas dan dipotong kecil-kecil. Lalu setelah itu letakkan di area pintu masuk dapur.

Dijamin bahan alami ini, ampuh membuat semut enggan datang ke dalam rumah. Namun kamu juga bisa menggunakan bahan alami ini untuk mengusir serangga lain seperti kecoa yang ada di rumah.

8. Bubuk kopi

Kopi ternyata bisa digunakan sebagai bahan pengusir semut, loh. Aroma dari kopi yang pahit dan menyengat ini, mampu membuat semut menghindarinya.

Baca Juga: 10 Cara Mengusir Semut yang Ampuh dengan Bahan Alami
Ketahui 7 Jenis Semut yang Paling Sering Ditemui di Rumah

Oleh karena itu jangan lupa taburi bubuk kopi di pinggir atau sudut rumah agar semut tidak datang kembali ke rumah.

9. Bedak talc

Bedak talc adalah bubuk organik, seperti bubuk boraks, belerang, dan krim tartar. Bedak ini juga menjadi bahan yang paling ditakuti oleh semut. Pasalnya bedak ini mengandung bahan yang sangat keras dan membuat semut enggan berada di dekat bedak ini.

Namun harap hati-hati jika menaburkan bedak ini, sebab cukup berbahaya bagi anak kecil dan hewan peliharaan.

10. Bawang putih

Bawang ini menjadi bumbu utama dalam membuat masakan. Aromanya sangat harum dan menjadikan makanan menjadi lezat. Ternyata tidak hanya itu saja, bawang ini bisa menjadi menjadi salah satu cara mengusir semut agar tidak datang lagi.

Caranya yaitu dengan mengiris tipis bawang putih dan tempatkan pada area yang banyak semut.

Video Terkait