Hutan Kota di Jakarta yang Cocok Jadi Tempat Rekreasi

Ilustrasi hutan kota (Intagram @kotajakartaselatan)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 8 Juni 2022 | 13:10 WIB

Sariagri - Hutan kota adalah hutan atau sekelompok pepohonan yang tumbuh di dalam atau pinggiran kota. Menurut PP Nomor 63 Tahun 2002, hutan ini didefinisikan sebagai suatu hamparan lahan yang bertumbuhan pohon-pohon yang kompak dan rapat di dalam wilayah perkotaan, baik pada tanah negara maupun tanah hak.

Hutan ini memiliki peranan penting untuk keseimbangan ekologi manusia, terutama penghasil oksigen, ketersediaan air tanah, pelindung terik matahari, kehidupan satwa dan juga tempat rekreasi.

Bahkan hutan ini juga mampu mengurangi dampak cuaca yang tidak bersahabat seperti mengurangi kecepatan angin, mengurangi banjir, memberi keteduhan, dan juga mengurangi efek pemanasan global.

5 Hutan Kota di Jakarta yang Dijadikan Tempat Rekreasi

Di ibu kota sendiri ternyata sudah cukup banyak terdapat hutan kota. Hutan ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi akhir pekan bersama teman atau keluarga untuk menghilangkan penat. Dimana saja letaknya, berikut informasinya.

1. Hutan Kota GBK

Seusai perhelatan acara olahraga Asian Games pada tahun 2018, area Gelora Bung Karno atau GBK sempat ditutup untuk direnovasi. Hingga akhirnya dibuka kawasan ini menjadi pilihan tempat rekreasi yang sukses menarik banyak pengunjung warga DKI dan sekitarnya.

Tempat ini menjadi ruang terbuka hijau (RTH) yang dirindu-rindukan warga. Bagaimana tidak, padatnya Kota Jakarta membuatnya banyaknya polusi. Disana kita bisa menikmati hamparan lapangan rumput yang luas dengan pemandangan gedung tinggi bak Central Park yang berada di New York City.

Selain berpiknik, Sobat Agri juga bisa melakukan aktivitas lain seperti jogging, yoga, bersepeda dan main sepatu roda. Bahkan di kawasan sana juga terdapat Hutan Kota Plataran. Hutan Kota by Plataran ini merupakan restoran kelas dunia yang sarat mengusung kebudayaan dan sejarah Indonesia.

Namun jika ingin mencicipi makanan disana, siapkan uang yang banyak ya Sobat Agri!

2. Hutan Kota Srengseng

Di hutan ini terdapat banyak pepohonan tinggi. Setidaknya ada 65 spesies pohon dengan berbagai jenis dan tipe, seperti pohon flamboyan, pohon ketapang, pohon akasia, pohon mahoni, dan sebagainya.

Kamu bisa menikmati suasana alam dengan udara sejuk ditengah kota bersama orang terdekat. Jika membawa anak kecil juga akan sangat mengasikkan, sebab area disini banyak taman yang bisa dijadikan tempat bermain.

Selain bersantai, kamu juga bisa melakukan banyak kegiatan lain, seperti jogging, bersepeda, piknik, dan hal seru lainnya. Apalagi teduhnya pohon rindang mengundang banyak kawanan burung yang berterbangan.

3. Hutan Kemayoran

Hutan yang direvitalisasi oleh Dinas Tata Air Pemerintah Provinsi DKI ini dibangun guna mengatasi pendangkalan danau. Tak heran jika hutan ini banyak dipenuhi enceng gondok.

Kini, air danau di sana kondisinya lebih baik dibandingkan sebelumnya yang berwarna kehitaman.

Sama seperti hutan di kota lainnya, disini Sobat Agri juga bisa berekreasi sambil menikmati suasana alam yang sejuk dengan pemandangan pepohonan tinggi.

4. Hutan Pesanggrahan

Awalnya hutan yang letaknya di daerah Pesanggrahan ini dijadikan sebagai tempat konservasi dan edukasi, namun kini hutan ini juga banyak dijadikan lokasi rekreasi untuk menghilangkan penat dan kejenuhan.

Ketika Sobat Agri memasuki kawasan hutan ini, kamu akan dihadapkan dengan hamparan rerumputan hijau yang dikelilingi bahan pepohonan rindang.

Lalu di tengah tanah lapang hijau ini, terdapat simbol bola dunia berwarna biru yang ditopang ‎dan dikelilingi beberapa tiang kayu.

Uniknya, di hutan ini kamu juga akan menjumpai beberapa bangunan rumah tradisional ala Betawi. Namun rumah tradisonal ini difungsikan sebagai ruang edukasi perpustakaan dan mushola.

Beranjak ke sebelah kanan pintu masuk, terdapat lapangan sepak bola yang cukup luas. Lahan parkirnya juga sangat luas, sehingga para pengunjung bisa menikmati hutan ini dengan sangat leluasa.

Baca Juga: Hutan Kota di Jakarta yang Cocok Jadi Tempat Rekreasi
Hutan Kota GBK Kini Jadi Kawasan Piknik Bergaya Urban

5. Hutan Cattleya

Hutan ini berada di Tomang, sehingga tak heran jika hutan ini banyak disebut taman Tomang. Dengan memiliki luas sekitar 3 hektar, hutan ini hadir dengan beragam jenis tanaman, pohon, dan bunga-bunga cantik.

Hutan ini sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas umum. Sehingga hutan ini sering dijadikan sebagai tempat berkumpul anak muda saat akhir pekan. Atau jika kamu ingin datang untuk berolahraga, juga bisa kok. Semua fasilitas yang disediakan tidak dipungut biaya alias gratis.

Video Terkait