Hutan Kota GBK Kini Jadi Kawasan Piknik Bergaya Urban

Ilustrasi hutan kota GBK (Instagram @temantaman.jkt)

Editor: Tanti Malasari - Selasa, 7 Juni 2022 | 14:30 WIB

Sariagri - Kawasan ibu kota DKI Jakarta kini memiliki banyak hutan kota, salah satunya adalah hutan kota GBK. Hutan ini cukup populer dan menjadi destinasi warga DKI untuk berakhir pekan.

Lokasi ini memiliki green area yang sangat luas dengan menghadirkan pemandangan berhiaskan pemandangan gedung-gedung pencakar langit, namun dengan suasana alam yang sejuk.

Kilas Balik Taman Hutan Kota GBK

Sebenarnya area hutan kota ini dulunya adalah lapangan golf. Tempat ini menjadi salah satu area yang menjadi target renovasi menjelang Asian Games 2018 lalu.

Setelah perhelatan Asian Games berakhir, kini area ini dijadikan sebagai kawasan yang berfungsi sebagai ruang terbuka sekaligus lahan konservasi yang sangat cantik dan menarik.

Daya Tarik Taman Hutan Kota GBK

Kawasan yang memiliki luas sekitar 4 Hektar ini, seakan memiliki peran sebagai paru-paru ditengah permasalahan lingkungan yang ada ibu kota.

Meski belum banyak pepohonan yang tumbuh, kawasan ini memiliki taman yang hijau dan sejuk berisikan rerumputan.

Selain itu, ada juga kawasan khusus berupa kolam trembesi yang beralaskan kayu di atasnya.

Hal ini menjadi daya tarik sendiri bagi warga Jakarta untuk melakukan berbagai macam aktivitas di kawasan ini, beberapa diantaranya adalah:

1. Piknik Bergaya Urban

Kehadiran hutan kota ini bak Central Park di taman kota di Kota Tokyo atau New York, namun versi lokal. Kawasan ini seakan memberi angin segar untuk warga DKI yang rindu dengan lingkungan yang asri dan berudara segar.

Kini tak perlu lagi, piknik ke lokasi yang jauh keluar kota untuk mendapatkan udara segar dan pemandangan indah. Warga DKI cukup mengunjungi hutan kota ini saja untuk melakukan piknik di kawasan ini.

Piknik kali ini pasti akan terasa istimewa karena dekat dari rumah dan tentunya mendapatkan suguhan pemandangan gedung pencakar langit layaknya sedang piknik

2. Lokasi Olahraga

Selain dijadikan tempat piknik, hutan kota di GBK juga kerap dijadikan sebagai lokasi olahraga. Dengan area yang sangat luas, membuatnya layak dan nyaman untuk berolahraga.

Disana telah difasilitasi jogging track dan juga pedestrian, sehingga Sobat Agri bisa melakukan olahraga seperti jogging, yoga, dan jalan santai.

Bagi kamu yang gemar olahraga sepeda dan skateboard, area ini juga bisa dimanfaatkan karena telah ada jalur yang disediakan.

Jangan khawatir selama disana kamu juga bisa dengan nyaman berpiknik karena juga terdapat fasilitas bangku taman yang nyaman dan dilengkapi dengan toilet.

Jika lapar menyerang para pengunjung juga dapat menjajal wisata kuliner khas Jakarta di seputaran foodcourt dan kios-kios tenda yang ada di dalam area taman ini.

Harga Tiket Masuk Hutan Kota GBK

Jika kamu berfikir masuk ke hutan kota GBK berbayar, kamu salah. Sebab untuk masuk ke tempat wisata dalam kota ini gratis tanpa adanya pungutan biaya untuk membeli tiket masuk.

Namun bagi Sobat Agri yang berkunjung membawa kendaraan hanya perlu membayar retribusi parkir kendaraan dengan fasilitas e-money.

Baca Juga: Hutan Kota GBK Kini Jadi Kawasan Piknik Bergaya Urban
Balai Taman Nasional Gunung Rinjani Mulai Lakukan Revitalisasi

Kawasan wisata taman kota ini buka dari hari Selasa hingga hari Minggu. Jam buka Hutan Kota GBK adalah dari jam 06.00-10.00 WIB dan 15.00-18.00 WIB. Hari Senin tutup untuk keperluan maintenance.

Namun sebelum memasuki kawasan wisata tengah kota ini, ada syarat wajib untuk masuknya, yaitu:

• Pengunjung dipastikan sudah divaksin Covid-19 serta menjaga protokol kesehatan.
• Pengunjung wajib mematuhi jam operasional
• Pengunjung wajib memindai kode QR dengan aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk.
• Untuk mencegah kerumunan, dilakukan pembatasan kuota pengunjung sebanyak 150 orang per sesi.
• Pengunjung wajib menjaga kebersihan di Hutan Kota GBK.

Video Terkait