5 Hutan Pinus di Indonesia yang Cocok Jadi Destinasi Wisata

Hutan Pinus. (Foto: Pixabay)

Editor: Putri - Senin, 6 Juni 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Jika ingin berwisata alam, hutan pinus bisa menjadi pilihan. Deretan pohon pinus yang rapi dan tinggi, membuat kunjungan memberikan efek menentramkan.

Hutan pinus biasanya ditemukan di daerah dataran tinggi. Meski demikian, pohon pinus yang memiliki nama ilmiah Pinus merkusii sebenarnya dapat tumbuh di berbagai ketinggian.

Pada ketinggian yang tepat, pohon pinus dapat tumbuh hingga mencapai 40 meter dengan diameter batang rata-rata 1 meter. Buah pinus yang berjatuhan di sekitar pohon dapat diambil bijinya dan ditanam kembali.

Mengutip berbagai sumber, berikut destinasi pinus yang ada di Indonesia.

1. Hutan Pinus Mangunan

Suasananya yang sejuk dan nyaman untuk melepaskan penat, membuat pinus Mangunan menjadi alternatif liburan.

Hutan ini terletak di Dusun Sukorame, Desa Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari pusat Kota Yogyakarta adalah sekitar 24 kilometer, dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam perjalanan.

Sebelum wisata ini dikenal banyak orang, diketahui bahwa hutan ini merupakan kawasan tandus. Hingga akhirnya Mangunan ramai dikunjungi wisatwan pada 2014. Selain deretan pinus, terdapat taman bunga di sisi selatan kawasan Mangunan.

Sementara jika ke arah selatan, wisatawan dapat melihat pemandangan terbuka yang menampilkan hamparan perbukitan di selatan Yogyakarta.

2. Hutan Pinus Pengger

Wisata Pinus Pengger berlokasi di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Hutan ini terkenal akan keindahan dan keunikan pada malam hari.

Karena unggul dengan keindahan alamnya, tersedia beberapa ornamen untuk berfoto. Rute Pinus Pengger berjarak sekitar 25 kilometer dari Tugu Jogja dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam perjalanan.

Mengutip berbagai sumber, rute terbaik menuju Pinus Pengger adalah jalan utama Jogja-Wonosari yang melewati Bukit Bintang.

3. Hutan Pinus Limpakuwus

Pinus Limpakuwus berada di lereng Gunung Slamet, gunung tertinggi di Jawa Tengah. tTepatnya berada di Desa Limpakuwus Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas.

Menurut informasi dari situs Visit Jawa Tengah, jalan menuju Limpakuwus sudah beraspal halus. Namun terdapat tanjakan dan tikungan tajam khas pegunungan.

Dari kawasan lokawisata Baturraden, pengunjung bisa mengambil jalan ke arah timur. Pinus Limpakuwus bisa ditemukan setelah Telaga Sunyi. Pohon pinus yang banyak tumbuh di hutan ini sudah berumur lebih dari 30 tahun. Pohon pinusnya berjejer rapi, membuat suasana sangat sejuk.

Tidak jarang terdapat kabut di hutan itu. Oleh sebab itu pengunjung diharuskan memakai pakaian tebal atau jaket agar tidak kedinginan.

Di samping Pinus Limpakuwus terdapat padang rumput yang luas dan hijau. Padang rumput tersebut milik Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak Kementerian Pertanian. Kamu bisa sesekali melihat sapi yang sedang memakan rumput.

Masih dari Visit Jawa Tengah, sarana dan prasarana yang ada di hutan tersebut sangat memadai. Ditambah wahana yang ramah anak, menjadikan Pinus Limpakuwus cocok dikunjungi bersama dengan keluarga.

4. Hutan Pinus Rahong

Pinus Rahong merupakan kawasan hutan yang terletak di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Kawasan tersebut dulunya adalah tempat pembuangan sampah, hingga akhirnya berubah menjadi kawasan wisata pada 2009.

Kawasan wisata Pinus Rahong memiliki luas sekitar 4,5 hektare. Tidak hanya hutan, namun terdapat berbagai objek wisata di area ini.

Salah satu objek wisatanya adalah area camping yang bernama Datar Pinus Camp. Datar Pinus Camp terletak di bawah rimbunan hutan dan menghadap ke sebelah timur yang mana adalah spot untuk melihat pemandangan sunrise yang menawan.

Baca Juga: 5 Hutan Pinus di Indonesia yang Cocok Jadi Destinasi Wisata
Presiden China Xi Jinping Pimpin Aksi Penanaman Pohon di Beijing

5. Hutan Pinus Sentul

Pinus Sentul berada dalam kawasan Konservasi Gunung Pancar. Area Pinus Sentul cocok untuk piknik dan bersantai bersama keluarga, karena menawarkan pemandangan pepohonan rindang nan sejuk.

Selama menjelajah hutan, kamu akan ditawarkan dengan berbagai spot foto. Mengutip berbagai sumber, setidaknya lebih dari 40 spot foto yang terbagi dalam beberapa kavling ada di area tersebut. Pinus Sentul juga dilengkapi berbagai fasilitas outbond dan wahana permainan lainnya.

Video Terkait