5 Hewan Ini Tidak Bisa Berenang di Alam Liar

Ilustrasi bayi gorila. (Pixabay)

Editor: Putri - Sabtu, 4 Juni 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Dunia ini dipenuhi dengan hewan yang memiliki trik atau bakat untuk bertahan hidup. Dengan 71 persen dari planet ini terdiri dari air, kamu mungkin berpikir semua hewan akan belajar berenang dengan satu atau lain cara, tetapi itu tidak benar.

Meskipun hewan-hewan ini mungkin tidak tahu cara berenang, mereka memiliki cara lain untuk berkembang biak di habitat aslinya.

Mengutip berbagai sumber, berikut hewan yang tidak bisa berenang.

1. Unta

Kebanyakan unta menghabiskan seluruh hidup mereka dikelilingi oleh pasir. Ada begitu sedikit air di gurun sehingga unta harus minum air dalam jumlah besar sekaligus.

Air tersebut kemudian disimpan dalam aliran darah. Meskipun banyak orang percaya bahwa punuk unta digunakan untuk menyimpan air, punuk itu sebenarnya hanya menyimpan lemak untuk digunakan sebagai makanan, jika unta membutuhkannya.

Namun, ada satu jenis unta yang benar-benar bisa berenang, yaitu unta Kharai dari Kutch. Sayangnya, unta Kharai dengan cepat kehilangan tanah air dan pasokan makanan karena pertambangan dan urbanisasi.

2. Jerapah

Jerapah adalah mamalia tertinggi di planet ini. Tetapi kaki dan lehernya yang panjang membuat mereka tidak beruntung.

Jika seekor jerapah mencoba berenang, ia tidak akan memiliki energi yang dibutuhkan untuk menggerakkan kakinya yang panjang dan kurus melalui air dengan cukup cepat.

Meskipun tubuh mereka seharusnya bisa tetap mengapung, gerakan leher dan kaki yang terlalu tidak wajar membuat mereka tidak bisa berenang. Jerapah mungkin bukan perenang yang hebat, namun kakinya yang panjang sangat cocok untuk berlari.

3. Tortoise

Tortoise mungkin terlihat seperti kura-kura, tetapi tidak seperti kura-kura. Hal tersebut dikarenakan tortoise tidak bisa berenang sama sekali.

Hal terbaik yang bisa dilakukan tortoise di air adalah mengapung. Seiring berjalannya waktu, tortoise menghabiskan banyak waktu di daratan.

4. Gorila

Gorila adalah hewan paling cerdas yang dikenal manusia. Gorila mampu belajar bahasa isyarat dan membentuk pikiran dan kalimat, seperti halnya manusia.

Tidak seperti manusia, gorila tidak bisa berenang dan mereka mengetahuinya. Di alam liar, gorila akan menggunakan tongkat untuk melihat seberapa dalam air agar tidak tenggelam.

Gorila tidak memiliki tingkat daya apung yang sama dengan hewan perenang lainnya. Gorila juga tidak memiliki gerakan motorik untuk menjaga diri mengapung di atas air.

Baca Juga: 5 Hewan Ini Tidak Bisa Berenang di Alam Liar
Quokka, Hewan Paling Bahagia di Dunia yang Hampir Punah

5. Simpanse

Gorila bukan satu-satunya primata yang tidak bisa berenang. Simpanse juga mengalami kesulitan di dalam air.

Simpanse, seperti gorila, sebagian besar badannya berotot dan hanya memiliki sedikit atau tanpa lemak. Rasio rendah lemak mereka tidak memungkinkan mereka untuk tetap bertahan.

Selain itu, simpanse juga sangat berat, karena ketergantungan pada kekuatan tubuh bagian atas. Kera besar ini mungkin tidak bisa berenang, tapi jangan ragukan kecerdasannya.

Video Terkait