8 Jenis Beruang yang Ada di Dunia, Jenis Beruang Kutub Jadi yang Terbesar!

Ilustrasi - Beruang kutub terancam punah.(Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 3 Juni 2022 | 18:45 WIB

Sariagri - Beruang adalah hewan karnivora, yang tersebar luas di seluruh benua, kecuali Antartika dan Australia. Menurut catatan peneliti, hingga kini setidaknya ada delapan spesies yang tinggal di Amerika Utara dan Selatan, Eropa, dan Asia.

Lantas apa saja jenis-jenisnya, berikut kumpulan informasi yang ada di dunia.

Jenis-jenis beruang

1. Beruang Madu (Helarctos malayanus)

Spesies ini menjadi spesies yang paling kecil dan masih hidup di alam liar. Habitatnya adalah hutan hujan tropis dataran rendah di Asia Tenggara. Mereka dapat dikenali dari bulunya yang pendek, halus, dan moncongnya yang berwarna terang.

Ciri lainnya adalah memiliki bagian dada berbentuk bulan sabit berwarna krem yang mirip dengan jenis Selenarctos thibetanus. Ukuran sang jantan mencapai 27-50 kg, sementara sang betina sedikit lebih kecil dari yang jantan.

Spesies ini merupakan pemanjat yang sangat baik, dan makanan mereka diperkirakan terdiri dari mamalia kecil, burung, ujung pohon palem, dan buah-buahan. Selain itu mereka juga gemar berburu madu di sarang lebah. Dari sinilah penamaan madu terselip pada spesies ini.

2. Beruang Kutub (Ursus maritimus)

Lain halnya dengan spesies hitam Asia, jenis yang satu ini merupakan yang paling terbesar dari semua spesies. Berat mereka mencapai 682 kg untuk yang jantan. Sementara yang betina hanya setengah dari yang jantan. Sesuai namanya, habitat mereka adalah di iklim Arktik di kutub utara.

Mereka bermigrasi hampir secara konstan, mengikuti adanya es yang menggumpal di musim dingin dan mencair di musim panas. Di dalam celah-celah es inilah mereka menemukan sebagian besar anjing laut yang mereka buru.

Mereka memiliki cakar khusus yang disesuaikan untuk berenang, menggali salju, dan berjalan di atas hamparan es. Bulu lebat mereka memberikan perlindungan dari hawa dingin kutub.

3. Beruang Hitam Asia (Selenarctos thibetanus)

Tidak seperti jenis pada umumnya, makanan spesies ini didominasi herbivora, yakni tanaman, buah-buahan, serangga, sarang lebah, dan invertebrata adalah makanan yang mereka sukai.

Tanda hewan ini yakni terdapat warna krem pada bagian dadanya yang berbentuk sabit. Tubuh mereka berkisar antara 92 hingga 116 kg untuk yang jantan, dan 50-102 kg untuk betina.

Habitat mereka adalah hutan-hutan di daerah pegunungan yang ketinggiannya lebih dari 3.000 meter, yang ada di seluruh Asia selatan, dari Afghanistan hingga ke beberapa pulau di Jepang.

4. Sloth (Melursus ursinus)

Spesies ini memiliki ciri unik, yaitu cakar yang panjang dan melengkung serta bulu yang panjang, lurus, dan shaggy. Tubuhnya cukup besar, dengan berat sekitar 80-141 kg untuk jantan dan 55-95 kg untuk betina.

Habitat mereka adalah daerah bebatuan yang beriklim kering. Kamu bisa menemukan spesies ini di hutan dataran rendah India dan Sri Lanka. Menurut data dari IUCN 2008, spesies ini masuk dalam daftar merah yang berarti rentan.

5. Coklat (Ursus arctos)

Karakteristik spesies ini yaitu memiliki tubuh besar, wajah berbentuk piring, dan punuk di atas bahu. Warna bulunya pun beragam, namun seringkali pada ujung rambut warnanya lebih terang.

Hal inilah yang membuat mereka juga disebut “grizzly” yang jika diartikan adalah beruban. Habitat mereka adalah di belahan bumi utara seperti Kanada, Alaska, dan barat laut Amerika Serikat, beberapa bagian Eropa timur dan barat, dan di seluruh Asia utara, termasuk Jepang.

Makanan mereka bisa berbeda-beda tergantung pada habitat. Ada yang memakan tumbuh-tumbuhan dan ada juga yang memangsa rusa dan karibu.

6. Panda Raksasa (Ailuropoda melanoleuca)

Jenis lainnya ada panda raksasa. Meskipun namanya panda namun para ilmuwan sepakat bahwa genetik mereka adalah seekor beruang. Mereka memiliki kepala yang besar berwarna hitam dan putih yang mencolok.

Panda jantan dewasa berbobot antara 80-125 kg, sementara yang betina hanya sekitar 70-100 kg. Panda ini menghabiskan harinya di pohon bambu.

Bahkan bambu menjadi indikasi adanya panda raksasa ini. Pasalnya habitat mereka sangat bergantung pada bambu. Namun sayang keberadaan mereka berstatus terancam punah menurut IUCN.

Faktornya disinyalir karena pertumbuhan populasi manusia sehingga membuat habitatnya tersingkirkan. Selain itu ada juga perburuan liar yang menangkap panda raksasa ini.

7. Berkacamata (Tremarctos ornatus)

Seseuai dengan namanya, spesies yang satu ini memang memiliki kedua mata seperti kacamata. Berat mereka bisa mencapai 80-125 kg untuk jantan, dan 64-82 kg untuk betina.

Mereka akan menghabiskan waktu di pohon untuk mencari makan. Mereka memakan spesies tumbuhan termasuk bromeliad dan kaktus. Mereka juga akan memakan anak sapi muda.

Saat ini mereka hanya ditemukan di Amerika Selatan, tepatnya di hutan hujan lebat hingga gurun semak pantai. Mereka ditemukan sejauh utara Venezuela dan selatan sejauh Bolivia.

8. Beruang Hitam Amerika Utara (Ursus americanus)

Jenis ini adalah yang paling umum dijumpai di Amerika Utara mulai dari Negara Bagian Florida bagian utara, hingga ke Kanada dan ke utara lagi yakni ke Alaska.

Baca Juga: 8 Jenis Beruang yang Ada di Dunia, Jenis Beruang Kutub Jadi yang Terbesar!
7 Fakta Beruang Kutub, Mamalia Laut yang Ahli Berenang

Mereka biasanya tinggal di daerah yang sebagian besar berhutan, tetapi akan meninggalkan hutan untuk mencari makanan, dan kadang-kadang tertarik datang ke pemukiman penduduk jika sangat lapar.

Secara umum, hampir seluruh tubuhnya ditumbuhi dengan bulu berwarna hitam, cokelat dan pirang.

Hasil survei pada awal 1990-an, yang diambil dari 35 wilayah di Amerika Serikat menunjukkan bahwa populasi spesies ini stabil dan cenderung meningkat. Menurut IUCN, status konsevasinya adalah least concern.