5 Hewan Ini Menghabiskan Banyak Waktu untuk Tidur

Sloth, hewan yang suka tidur. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Rabu, 1 Juni 2022 | 18:25 WIB

Sariagri - Rata-rata manusia membutuhkan 7 hingga 9 jam tidur pada malam hari. Tidur dapat memulihkan diri dari hari yang lelah dan membangun kembali energi.

Tetapi tidak demikian halnya dengan semua saudara kita di alam liar. Banyak hewan yang melakukan hibernasi selama berbulan-bulan pada suatu waktu.

Berikut hewan liar yang menghabiskan banyak waktu untuk tidur.

1. Koala

Hewan menggemaskan khas Australia ini dapat menyalahkan pola makan yang buruk untuk kasus kantuk kronis mereka. Cabang-cabang pohon yang tinggi menawarkan perlindungan koala dari pemangsa.

Selain itu, persediaan daun eukaliptus yang tidak ada habisnya membuat koala tidak memiliki banyak kegiatan. Selama empat hingga lima jam beruang terjaga, mereka benar-benar rakus.

Mereka tidak hanya mampu memakan satu kilogram daun kayu putih dalam sehari, tetapi juga menyimpan daun di dalam pipi mereka. Sehingga mereka bisa mengemil sambil tidur siang.

2. Sloth

Sloth adalah makhluk yang identik dengan kemalasan. Ada banyak kebenaran dalam klaim tersebut.

Binatang sloth yang ada di bisa tidur hingga 20 jam sehari. Sementara penelitian menunjukkan sloth di alam liar tidur selama 10 jam.

Tubuh unik sloth memungkinkan mereka untuk menjuntai dari cabang-cabang pohon dan akhirnya melakukan sebagian besar aktivitas sambil menggantung, termasuk melahirkan dan bahkan kawin selain tidur dan makan.

Dengan makanan yang tersedia dan tidak adanya predator, sloth bahkan jarang memiliki alasan untuk meninggalkan pohon.

3. Armadillo Raksasa

Karapas tempat armadillo raksasa datang dapat melindungi mereka dari banyak ancaman alami, tetapi mereka masih lebih suka menghabiskan sebagian besar waktu untuk bersembunyi meskipun ada lapisan pelindung tambahan.

Sebagai gantinya, makhluk penyendiri ini akan membuat liang di mana mereka akan bersembunyi selama 16 hingga 18 jam setiap hari. Para peneliti secara teknis tidak tahu berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk tidur, karena diyakini bahwa armadillo raksasa menghabiskan banyak waktu di liang tersebut untuk makan juga.

Kedekatan serangga dan larva membuat armadillo raksasa sering mudah mendapatkan makanan tempat hewan itu tidur.

4. Piton

Masih banyak yang tidak diketahui para ilmuwan tentang siklus tidur ular, termasuk apakah ular bermimpi atau tidak. Fakta bahwa ular tidak menutup mata saat tidur membuat sulit untuk mempelajari perilaku mereka.

Ular juga menggunakan metode istirahat lain yang disebut brumation yang mirip dengan siklus hibernasi beberapa mamalia.

Di antara ular yang paling malas adalah ular piton, yang diyakini tidur hingga 18 jam setiap hari. Sebagai makhluk nokturnal, mereka berburu di malam hari dan kemudian mundur ke tempat yang aman untuk beristirahat tanpa terancam oleh predator.

Baca Juga: 5 Hewan Ini Menghabiskan Banyak Waktu untuk Tidur
Heboh! Ular Sanca Ditemukan di Plafon Rumah Warga di Jombang

5. Harimau

Secara umum, kucing cenderung sering tidur, tetapi harimau adalah rajanya kucing dalam hal tidur. Harimau adalah predator yang sangat ganas, tetapi tubuh berotot mereka memerlukan banyak energi.

Harimau melakukan sebagian besar perburuan mereka di malam hari. Meskipun menghabiskan 16 jam sehari untuk tidur, harimau juga menghabiskan waktu santai hingga 20 jam.

Bagi harimau, ini semua tentang menjadi seefisien mungkin dalam memanfaatkan energi yang terbatas.