5 Fakta Kupu Kupu, Salah Satu Hewan Terindah di Dunia

Kupu-kupu. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Selasa, 31 Mei 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Kupu kupu adalah salah satu makhluk paling menakjubkan di alam. Tahukah kamu ada lebih dari 180.000 jenis kupu-kupu yang berbeda dan dapat ditemukan di setiap benua, kecuali Antartika.

Kamu mungkin terkejut mengetahui bahwa kupu kupu pertama kali muncul sebelum tanaman berbunga, yaitu sekitar 200 juta tahun yang lalu. Dengan garis keturunan yang begitu panjang, hewan cantik ini penuh kejutan.

Mengutip berbagai sumber, berikut fakta lainnya tentang kupu kupu.

1. Tidak Bisa Terbang jika Kedinginan

Kupu kupu sebenarnya perlu mempertahankan suhu tubuh yang sangat tinggi jika ingin terbang. Agar kupu-kupu dapat terbang pada tingkat yang optimal, suhu tubuhnya harus berkisar antara 30 derajat Celsius.

Jika terlalu dingin, kupu-kupu tidak akan bergerak sama sekali. Mempertahankan suhu internal yang tinggi adalah tugas yang sulit bagi serangga dengan darah dingin.

Kupu-kupu menghangatkan diri dengan 'berjemur' di bawah sinar matahari, tetap diam dengan sayap yang melebar di bawah sinar matahari langsung.

Sayap kupu-kupu mengandung jaringan kapiler kecil dan aktivitas ini memanaskan darah di pembuluh darah kupu-kupu, memungkinkan pengangkutan darah hangat ke seluruh tubuh kecil mereka.

2. Kupu-kupu Sebenarnya Tidak Makan Apa-apa

Kupu-kupu tidak makan apa pun dan tidak memiliki organ mulut untuk melakukannya. Mereka hanya bisa minum, menggunakan tabung panjang yang menonjol yang bentuknya seperti belalai.

Faktanya, belalai tersebut adalah salah satu bagian pertama dari tubuh kupu-kupu yang berkembang selama metamorfosis. Kupu-kupu kebanyakan hanya minum nektar, tetapi juga minum dari genangan air berlumpur, buah busuk, bahkan bangkai hewan.

Nektar memberi mereka glukosa yang dibutuhkan untuk energi. Tetapi cairan lain kadang-kadang diperlukan untuk memberi mereka mineral dan garam.

3. Tidak Buang Air Besar

Menariknya, kupu-kupu juga tidak buang air besar. Meskipun ulat hampir makan terus-menerus dan sering buang air besar, kupu-kupu tidak memiliki sarana untuk melakukannya.

Kadang-kadang kupu-kupu minum terlalu banyak nektar dan menyemprotkan cairan halus dari perutnya, tetapi cairan ini hampir seperti air murni.

4. Sayap Kupu-kupu Sebenarnya Transparan

Kupu-kupu tidak hanya memiliki dua sayap, namun memiliki empat, yaitu terdiri dari dua sayap belakang dan dua sayap depan. Sayap tersebut terdiri dari dua lapisan protein kitin, mengapit lapisan kapiler.

Kitin ditutupi dengan rambut yang dimodifikasi dengan "sisik" mengandung pigmen yang memantulkan cahaya dalam berbagai warna.

Seiring waktu, beberapa sisik warna-warni ini akan hilang, memperlihatkan membran transparan. Ada mitos yang menyatakan bahwa menggosok sayap kupu-kupu dengan tangan akan mencegah kupu-kupu terbang.

Baca Juga: 5 Fakta Kupu Kupu, Salah Satu Hewan Terindah di Dunia
Spesies Monyet Hibrida Baru Telah Diidentifikasi Di Kalimantan

Namun hal itu dapat membuat membran tembus pandang lebih rentan terhadap robekan, yang dapat menghambat penerbangan. Sayap kupu-kupu sangat halus jadi pastikan untuk tidak menyentuhnya.

5. Kupu-kupu Merasakan dengan Kakinya

Kupu-kupu memiliki indera perasa, penciuman dan sentuhan dan reseptor yang sebenarnya terletak di kaki. Lebih tepatnya, kupu-kupu menggunakan kemoreseptor untuk mendeteksi bahan kimia yang berbeda ketika mendarat di bunga dan tanaman.

Video Terkait