Spesies Monyet Hibrida Baru Telah Diidentifikasi Di Kalimantan

Ilustrasi monyet hibryd (Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Selasa, 31 Mei 2022 | 20:20 WIB

Sariagri - Pada tahun 2017 lalu, para ilmuwan melihat sesuatu yang aneh di hutan Kalimantan. Di tengah pepohonan rindang di dekat Sungai Kinabatangan di bagian pulau Malaysia, mereka melihat monyet yang belum pernah mereka lihat sebelumnya.

Hingga kini, para ilmuwan menduga bahwa "monyet misteri" itu merupakan hibrida dari dua spesies yang berbeda dan merupakan konsekuensi dari perkembangan manusia. Jika dilihat secara fisik, monyet ini tampaknya merupakan persilangan antara bekantan dan lutung perak.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Primatology pada April 2022, mereka mendalilkan bahwa kera tersebut adalah keturunan bekantan (Nasalis larvatus) dan lutung keperakan (Trachypithecus cristatus).

Bekantan berukuran besar dan memiliki hidung memanjang dan wajah pucat, lutung keperakan lebih kecil dan memiliki wajah lebih gelap. Hibrida itu, menurut peneliti, tampak memiliki hidung besar seperti bekantan, tetapi wajah keabu-abuan seperti lutung keperakan.

Pada 2020, monyet misterius itu juga tampaknya memiliki bayi. Karena pembatasan virus corona, para peneliti belum dapat mengamatinya secara langsung, tetapi mereka telah melihat foto-foto di mana ia tampak menyusui dan merawat bayi.

"Dia tampaknya sedang menyusui bayi," Nadine Ruppert, seorang ahli primata di Universiti Sains Malaysia dan rekan penulis studi baru-baru ini, mengatakan kepada Live Science.

“Kami semua kagum, itu sangat nyata.”

Namun, para peneliti mengingatkan bahwa monyet hibrida dan bayinya tidak selalu menjadi alasan untuk perayaan. Bahkan, itu bisa berarti bahwa ekosistem Kalimantan sedang tertekan.

Itu karena monyet dari dua genera yang berbeda, seperti bekantan dan lutung keperakan, jarang kawin silang.

Menurut Newsweek, ini adalah pertama kalinya hibrida antara kedua spesies telah dicatat. Ini juga kedua kalinya dalam sejarah para ilmuwan mengamati hibrida antara dua spesies primata yang berbeda di alam liar.

Jadi apa yang terjadi di Kalimantan? Para ilmuwan menduga bahwa ekosistem yang menyusut yang disebabkan oleh perkembangan manusia mengubah cara kedua spesies monyet berinteraksi, menyebabkan mereka bersaing untuk pasangan dan wilayah.

Itu karena kedua spesies hidup dalam "keluarga" dengan satu jantan dan beberapa betina. Laki-laki muda harus mengambil alih kelompok yang sudah ada sebelumnya, atau memulai kelompok mereka sendiri.

Tetapi dengan semakin sedikitnya wilayah untuk bercabang, bekantan yang lebih besar tampaknya kawin dengan lutung keperakan yang lebih kecil.

“Kami menyimpulkan dari pengamatan yang dilakukan fotografer bahwa bekantan jantan kawin dengan lutung betina di daerah tersebut dan ada kelompok campuran di mana bekantan betina bahkan merawat bayi lutung perak,” kata Ruppert.

Dengan demikian, para ilmuwan percaya bahwa kera hibrida kemungkinan besar adalah keturunan dari bekantan jantan dan lutung keperakan betina.

“Ini adalah gejala yang mengkhawatirkan dari ekosistem yang tampaknya sudah tidak seimbang,” kata Ruppert kepada Newsweek.

Memang, misteri kera hibrida tampaknya merupakan konsekuensi dari perkembangan manusia di Kalimantan, yang disebut Ruppert sebagai “tragedi”.

“Sungguh tragis bahwa kedua spesies sekarang berdesak-desakan di sisa petak hutan riparian sempit yang dikelilingi oleh perkebunan kelapa sawit, di mana mereka bersaing untuk mendapatkan makanan dan peluang kawin,” katanya kepada Live Science.

Namun, kepada Newsweek, dia menambahkan bahwa sementara hibrida mungkin menjadi perhatian, tidak mungkin untuk mengetahui bagaimana situasi antara kedua monyet akan berkembang.

“Dalam jangka panjang, salah satu dari dua spesies primata yang terancam ini mungkin akan tergeser oleh yang lain dari kawasan tersebut, di mana bekantan tampaknya lebih dominan daripada lutung perak,” jelasnya.