Intip Taman Mangrove dan Tempat Kuliner Lezat di PIK yang Sedang Naik Daun

Ilustrasi taman mangrove (jakartamangrove.id)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 27 Mei 2022 | 11:30 WIB

Sariagri - Pantai Indah Kapuk (PIK) yang berlokasi di pesisir Jakarta Utara memiliki sejumlah tempat wisata yang bisa Sobat Agri nikmati saat akhir pekan. Mulai dari wisata taman mangrove pluit sampai wisata kuliner dapat ditemukan di kawasan ini.

Biar tidak pusing, berikut adalah ulasan mengenai sejumlah tempat wisata Jakarta yang dapat kamu kunjungi.

Taman Mangrove di Pantai Indah Kapuk (PIK)

Taman Mangrove adalah sekumpulan tanaman berjenis dikotil yang hidup di habitat air payau dan air laut. Tanaman ini merupakan hasil dari kegiatan budidaya atau diambil dari alam.

Tanaman ini tidak dilindungi dan tidak dilarang untuk memanfaatkan bagian-bagian tanaman tersebut, misalnya dimanfaatkan untuk dijadikan bahan baku kosmetik atau farmasi atau bahan tambahan tekstil.

Dilansir dari situs Taman Mangrove Jakarta, kawasan PIK ini dikembangkan sebagai sarana pariwisata alam, sekaligus mempertahankan kelestarian fungsi bakau sebagai penyangga kehidupan.

Disini Sobat Agri bisa mengelilingi hutan bakau menggunakan perahu. Kamu juga dapat melihat berbagai jenis flora dan fauna yang mendominasi kawasan TWA Angke Kapuk.

Fauna yang singgah di kawasan hutan bakau ini umumnya merupakan jenis burung merandai dan hampir seluruhnya adalah satwa yang dilindungi. Beberapa di antaranya adalah elang laut perut putih, gagang bayam timur, cekakak sungai, dan elang tiram.

Jika mau berkunjung kesini, kamu akan dikenakan tarif yang berbeda-beda. Harga tiket masuk bagi pengunjung dewasa mulai dari Rp 30.000 saat hari biasa dan mulai dari Rp 35.000 saat akhir pekan.

Sedangkan harga tiket masuk pengunjung anak-anak usia 1-12 tahun mulai dari Rp 15.000 pada hari biasa, dan Rp 20.000 saat akhir pekan.

Selain itu, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi juga dibebankan biaya parkir. Rinciannya, tarif parkir kendaraan roda dua mulai dari Rp 10.000, roda empat mulai dari Rp 20.000, roda enam dan lebih mulai dari Rp 100.000. Sementara bagi pengunjung yang membawa sepeda dikenai biaya mulai dari Rp 2.000.

Jangan lupa ya Sobat Agri, jika ingin kesini jam operasional Taman Mangrove PIK adalah mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Pantjoran Pantai Indah Kapuk (PIK)

Selain taman mangrove, ada juga kawasan wisata kuliner dengan nuansa Tionghoa. Tempat ini berlokasi di Golf Island, Pantai Maju, Pantai Indah Kapuk.

Pantjoran PIK berada di atas lahan seluas 5.500 meter persegi yang dipenuhi berbagai tenant makanan dan minuman. Disini kamu bisa mencoba berbagai macam makanan baik itu yang ringan hingga berat, seperti es campur, bakpao, kopi, dimsum, serta makanan berat seperti nasi hainan, bakmi, dan lontong.

Sambil menikmati makanan, kamu juga bisa menyaksikan hiburan mingguan seperti tarian seribu tangan, barongsai, dan olahraga tai chi. Kawasan Pantjoran PIK juga dilengkapi dengan sarana pelengkap, salah satunya musala.

Sehingga pengunjung Muslim tidak perlu khawatir jika ingin melaksanakan ibadah saat berwisata kuliner.

Kamu bisa mengunjungi kawasan ini mulai dari pukul 07.00-23.00 WIB. Meskipun Pantjoran PIK buka dari pagi, sebagian besar tenant mulai aktif menjelang jam makan siang.

Baca Juga: Intip Taman Mangrove dan Tempat Kuliner Lezat di PIK yang Sedang Naik Daun
6 Wisata Mangrove di Indonesia, Bisa Jadi Pilihan Destinasi Liburan

Tips Berkunjung ke Pantai Indah Kapuk (PIK)

Ada tips penting jika kamu ingin berwisata ke taman mangrove Jakarta, agar mendapatkan sensasi liburan yang menyenangkan, diantaranya yaitu:

• Berkunjung saat pagi dan sore hari di akhir pekan.
• Datanglah bersama keluarga, sahabat maupun orang terdekat agar liburan kamu semakin seru.
• Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen liburan yang tak terlupakan.
• Tetap berhati-hati dan jaga kelestarian alam dengan membuang sampah pada tempatnya.

Selamat berlibur, Sobat Agri!

Video Terkait