Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Mencolok Ngengat dengan Kupu-kupu

Ngengat mirip kupu-kupu. (Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 26 Mei 2022 | 10:00 WIB

Ngengat dan kupu-kupu sama-sama termasuk dalam ordo Lepidoptera, tetapi banyak perbedaan baik fisik maupun perilaku kedua jenis serangga itu. Meski sekilas keduanya tampak mirip dan sama-sama memiliki sayap, terdapat beberapa perbedaan mencolok jika diperhatikan dengan seksama.

Menurut Smithsonian Institution, seperti dikutip Live science, spesies ngengat jauh lebih beragam daripada kupu-kupu. Ada sekitar 160.000 spesies ngengat tercatat di alam liar, sementara kupu-kupu yang telah teridentifikasi sekitar 11.000 spesies.

Pada dasarnya, kedua jenis serangga ini memiliki sisik pada sayapnya. Tetapi ngengat cenderung memiliki warna sayap kusam, seperti coklat atau krem. Sementara kupu-kupu biasanya dihiasi dengan warna lebih cemerlang.

Perbedaan warna ini sebagian disebabkan perbedaan perilaku kedua jenis serangga itu. Ngengat aktif di malam hari dan mencoba menyamarkan diri di siang hari pada benda-benda gelap seperti kulit kayu dan daun.

Kupu-kupu juga menyamarkan diri, tetapi mereka adalah hewan diurnal, lebih banyak aktif di siang hari dengan berpindah dari bunga ke bunga untuk menghirup nektar.

Menurut Reiman Gardens dari Iowa State University, warna cerah pada sayap kupu-kupu merupakan upaya mengingatkan pemangsa bahwa mereka mengandung bahan kimia yang tidak enak. 

Perbedaan lain perilaku keduanya adalah kupu-kupu biasanya melipat sayapnya kembali untuk beristirahat, sementara ngengat meratakan sayapnya ke tubuh mereka.

Pada tahap kepompong keduanya juga memiliki perbedaan. Ngengat membuat kepompong dibungkus sutra. Sementara kupu-kupu membentuk kepompong yang keras, halus dan tanpa sutra.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Mencolok Ngengat dengan Kupu-kupu
Bunga Rafflesia Mekar Sempurna di Kawasan Hutan Lindung Kabupaten Agam

Perbedaan fisik lainnya, antena kupu-kupu tipis dengan ujung berbentuk gada, sedangkan antena ngengat yang berbulu atau seperti sisir. Struktur sayap ngengat disebut frenulum,  menghubungkan sayap depan dengan sayap belakang.

Sariagri - Meski umumnya berwarna kusam, ada beberapa spesies ngengat yang memiliki sayap berwarna cemerlang. Salah satunya ngengat komet atau ngengat Madagaskar (Argema mittrei) yang memiliki sayap kuning cemerlang dihiasi bintik-bintik merah cerah dan aktif pada siang hari.

 

Video Terkait