Mengenal Perkutut Kantong Semar, Burung yang Mirip dengan Tokoh Pewayangan

Ilustrasi burung perkutut kantong semar (Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 25 Mei 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Salah satu jenis burung yang banyak diburu kolektor adalah perkutut kantong semar. Burung ini merupukan burung langka yang memiliki bentuk unik dan suara yang indah.

Karakteristik Perkutut Kantong Semar

Burung kantong semar memiliki ciri-ciri yang khas. Dengan melihatnya, siapapun pasti dengan mudah membedakan burung ini dengan perkutut pada umumnya.

Salah satu ciri yang paling mencolok adalah pada bagian perut atau tembolok burung ini, terlihat lebih menonjol ke depan atau melembung. Hal inilah yang kemudian membuat perkutut ini banyak dikaitkan dengan tokoh pewayangan Semar dan dinamakan perkutut kantong semar.

Di dalam cerita pewayangan, Semar sendiri merupakan tokoh yang digambarkan bertubuh gempal dengan perut yang besar. Namun Semar juga tokoh yang penuh kharisma dengan karakter berwibawa, sabar, bijaksana, dan juga arif.

Sementara untuk kata “kantong” sendiri dapat diartikan sebagai wadah untuk menyimpan sesuatu. Sehingga kantong semar pada nama burung perkutut ini memiliki filosofi yaitu sebagai wadah untuk menyimpan berbagai hal baik seperti sifat Semar.

Sedangkan ciri fisik lainnya yaitu kaki dan jari-jarinya cenderung pendek, dengan paruh yang juga berukuran demikian. Bahkan umumnya paruh milik perkutut ini tidak dapat menutup rapat.

Ciri lainnya juga dapat dilihat dari bentuk tubuh burung ini tidak begitu panjang, kepalanya juga bulat dengan mata bulat seperti koin.

Mitos Perkutut Kantong Semar

Ada banyak mitos yang beredar soal burung ini. Perkutut kantong samar telah lama dipercaya bisa mendatangkan rezeki bagi pemiliknya. Bahkan burung perkutut ini juga disebut-sebut mampu menangkal dan menetralkan energi negatif dalam rumah.

Selain itu menurut keyakinan masyarakat Jawa, memelihara perkutut ini dapat membantu sang pemilik agar disegani dan dihormati oleh banyak orang. Karena kantong semar akan membantu menambah kewibawaan sampai mengumpulkan kekayaan.

Akan tetapi, perlu Sobat Agri ketahui bahwa hanya perkutut kantong semar asli alam saja yang dipercaya memiliki sifat seperti Semar. Namun sayang keberadaan perkutut ini di pasaran terbilang sangat langka.

Hal ini membuat harga perkutut kantong semar melambung tinggi, bisa mencapai jutaan maupun puluhan juta.

Cara Merawat Perkutut Kantong Semar

Dengan banyaknya mitos yang beredar, membuat banyak orang ingin memeliharanya. Terlebih karena keunikan dan keunggulan yang dimilikinya.

Lantas bagaimana cara merawat burung perkutut agar tumbuh sehat dan memiliki suara merdu, berikut ulasannya.

1. Rutin memandikan dan menjemur burung

Sama halnya dengan jenis burung lainnya, perkutut semar juga harus dimandikan dan dijemur agar rajin bersuara dan gacor. Dengan rutin memandikannya secara teratur juga akan menghindarkan burung dari berbagai penyakit.

Untuk memandikannya Sobat Agri bisa menggunakan air beras yang telah dicampur daun sirih, kemudian menyemprotkannya pada tubuh perkutut untuk memandikannya.

Usai dimandikan, jangan lupa untuk menjemur burung di depan rumah pada pukul 7 sampai 9 pagi. Jam ini adalah waktu yang tepat sebab di waktu ini panas matahari tidak terlalu menyengat.

Dengan dijemur perkutut terhindari dari kutu, terlihat lebih fresh, warna bulunya akan mengkilap dan juga bisa mencegah berbagai penyakit.

2. Membersihkan kandang

Selain rutin memandikan dan menjemur, kebersihan kandang perkutut juga tidak boleh luput dari perawatan. Pastikan perkutut mendapat rumah yang bersih dan nyaman agar terhindar dari penyakit maupun stress dan membuatnya menjadi lebih rajin berkicau.

3. Memberikan pakan bernutrisi

Setelah itu pemberian pakan juga tidak boleh dilupakan. Beri pakanan yang bernutrisi secara teratur. Lalu jangan lupa juga mengganti air minum secara berkala supaya tetap steril demi kesehatan burung.

Baca Juga: Mengenal Perkutut Kantong Semar, Burung yang Mirip dengan Tokoh Pewayangan
Tangani Konflik Manusia-Harimau, Resor KSDA Agam Temukan Kantong Semar

Perawatan ini menjadi salah satu cara agar perkutut rajin berkicau. Kamu bisa memberikan pakan seperti kacang kacangan, kacang ijo, atau jagung. Berikan saat pagi siang dan sore hari, agar kondisi perkutut selalu fit.

Selain itu, kamu juga bisa menambah pemberian vitamin guna membantu tumbuh kembang burung perkutut kantong semar, sehingga bisa memicu suara perkutut menjadi lebih gacor.

Video Terkait