Tidak Hanya Manusia, Hewan Juga Menguap Jika Melihat Temannya Menguap

Ilustrasi Singa Menguap. (Sariagri/Pixabay)

Editor: Reza P - Sabtu, 21 Mei 2022 | 19:45 WIB

Sariagri - Seseorang akan menguap ketika tubuhnya terasa lelah atau bisa jadi orang tersebut sedang merasakan bosan. Memang benar, jika menguap merupakan suatu respon alamiah tubuh ketika sedang merasakan kelelahan, rasa kantuk, hingga stres.

Dalam proses menguap, mulut akan terbuka, dan menarik napas dalam-dalam, sehingga paru-paru terisi dengan udara. Menguap sendiri membantu tubuh untuk mendapatkan lebih banyak oksigen. 

Ada mitos yang mengatakan menguap bisa menular dari satu orang ke orang lain. Alasan itu karena berhubungan dengan rasa empati manusia pada sesamanya. Bahkan menguap yang menular tidak hanya dirasakan oleh manusia saja, beberapa binatang juga merasakan hal yang sama. 

Seperti dikutip dari Phys, hal ini dibenarkan oleh Penelitian yang dilakukan University of Pisa, Italia yang menemukan jika singa rupanya memiliki perilaku yang sama. 

Penemuan ini diterbitkan dalam jurnal Animal Behavior, peneliti yang turut serta dalam studi ini mempelajari tentang praktek menguap singa yang hidup di alam liar di Afrika.

Studi yang dilakukan ini awalnya ingin mempelajari hyena di Greater Makalali Private Game Reserve di Afrika Selatan. Kemudian mereka menambahkan singa dalam studi tersebut. 

Dengan mempelajari singa, para peneliti ingin melihat apakah perilaku menguap yang menular hanya terjadi satu kali atau menjadi hal yang umum pada singa. 

Sebanyak 19 singa yang diberikan perhatian khusus ini diteliti selama empat bulan lamanya di habitat asli. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa perilaku menguap yang menular ternyata umum terjadi di antara singa.

Baca Juga: Tidak Hanya Manusia, Hewan Juga Menguap Jika Melihat Temannya Menguap
Ternyata Ini Asal Mula Kenapa Singa Dapat Julukan Si Raja Hutan

Selain itu, peneliti menemukan bahwa singa cenderung meniru perilaku yang muncul pada singa lainnya, tak terbatas untuk urusan menguap saja. 

Menurut peneliti, perilaku menguap pada singa dilakukan sebagai sarana untuk meningkatkan kewaspadaan kelompok yang dapat membantu singa melihat ancaman atau menemukan peluang untuk mendapatkan pangan.

Video Terkait