Mengenal Peran Penting Hutan Mangrove bagi Kehidupan

Ilustrasi hutan mangrove. (pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 10 Mei 2022 | 13:00 WIB

Sariagri - Hutan mangrove memiliki peran penting bagi kehidupan. Tanaman dikotil yang tumbuh di wilayah air payau dan air laut ini menjadi pelindung kawasan pesisir dari abrasi hingga tsunami. 

Namun sayangnya, masih ada yang kurang memahami akan pentingnya peran hutan mangrove, sehingga masih terdapat penebangan liar tanpa memikirkan dampak bahaya yang ditimbulkan. 

Berikut peran penting hutan mangrove bagi kehidupan. 

1. Menjaga perbatasan antara kawasan dan darat laut.

Seiring dengan terjadinya erosi pesisir pantai, hutan mangrove erperan dalam menyelamatkan garis pantai dari terjangan air laut. Adanya mangrove di sepanjang pantai dapat menjadi penahan antara gelombang laut dan daratan.

2. Sebagai habitat perikanan

Hutan mangrove yang lestari dapat menjadi habitat bagi beberapa jenis makhluk hidup seperti udang, ikan, dan kepiting. Sementara para nelayan pun diuntungkan karena dengan demikian memudahkan mereka untuk mencari hasil tangkapan.

3. Memberi nutrisi bagi lingkungan sekitarnya

Tanaman bakau tumbuh di antara dataran serta lautan dan hal ini berkaitan dengan perannya dalam memberi nutrisi berupa kesuburan tanah.

4. Menjaga kualitas air

Air yang ada di sekitar tanaman bakau cenderung lebih bersih. Akar mangrove dapat menangkap endapan dan membersihkan kandungan zat kimia dalam air yang berasal dari daratan menuju laut.

5. Tempat berlabuh kapal

Bagi kapal-kapal kecil deretan pohon mangrove bisa menjadi tempat berlindung sementara terutama jika cuaca sedang kurang baik.

Baca Juga: Mengenal Peran Penting Hutan Mangrove bagi Kehidupan
Sambut KTT G20, Luhut Tinjau Kawasan Mangrove Tahura Bali

6. Mencegah perubahan iklim

Perubahan iklim kini sedang menjadi permasalahan dunia, oleh karena itu negara-negara di dunia berjibaku untuk memulihkan ekosistem mangrove agar bisa menyerap emisi.

Tak terkecuali dengan Indonesia yang berupaya keras melakukan rehabilitasi mangrove. Di mana pada tahun 2021, Presiden Joko Widodo menargetkan rehabilitasi mangrove seluas 600.000 hektare hingga tahun 2024, sementara untuk target 2021 sendiri seluas 34.000 hektare.

Video Terkait