Tak Hanya Alasan Keindahan, Ini Manfaat Lain Perompesan Pohon Perindang

DLHK Denpasar melakukan perompesan pohon perindang. (Antara/HO-Humas Pemkot Denpasar)

Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 8 Mei 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar, Bali mengintensifkan perompesan pohon perindang jalan. Selain untuk keindahan, langkah itu guna mengantisipasi pohon tumbang saat turun hujan.

Kepala Dinas DLHK Kota Denpasar, Ida Bagus Putra Wirabawa di Denpasar, Minggu, mengatakan perompesan dilakukan tidak hanya saat musim penghujan saja, tetapi dilakukan secara rutin untuk penataan wajah kota agar terlihat rapi dan indah.

"Langkah yang kami lakukan juga guna mengantisipasi terjadinya pohon perindang tersebut tumbang," kata Putra Wirawibawa.

Dia mengatakan peropesaan pohon perindang menyasar beberapa titik di wilayah Kota Denpasar, antara lain di kawasan Jalan Kartini dan Kawasan Jalan Moh Yamin.

Perompesan pohon perindang, lanjut dia, selain untuk mempercantik wajah kota, juga untuk meringankan beban pohon jika terjadi hujan.

“Harapan kami, masyarakat juga turut memberikan informasi tentang lingkungan sekitar khususnya pohon perindang yang dinilai segera untuk dilakukan perompesan,” ujarnya.

Dia mengatakan secara berkelanjutan pihaknya terus melakukan pendataan dan pemetaan terhadap kondisi dan usia pohon perindang di Kota Denpasar. 

“Jika dilihat sudah terlalu tinggi dan berpotensi diterpa angin kencang akan dilakukan perompesan secara berkala,” kata dia.

Baca Juga: Tak Hanya Alasan Keindahan, Ini Manfaat Lain Perompesan Pohon Perindang
Pasangan Petani di Australia Ekspor Pohon Berukuran Besar ke Mancanegara



Sementara seorang warga Wayan Agus mengatakan pihaknya mendukung langkah-langkah antisipasi dari DLHK terjadinya saat musim hujan.

"Saya mendukung langkah yang dilakukan DLHK, karena perompesan pohon perindang sangat penting untuk keindahan dan antisipasi pohon tumbang saat musim hujan," katanya.

Video Terkait