Nama Taylor Swift Digunakan untuk Nama Spesies Baru Kaki Seribu

Taylor Swift namanya dijadikan spesies baru kaki seribu. (Istimewa)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 22 April 2022 | 08:00 WIB

Sariagri - Taylor Swift adalah musisi yang berhasil meraih Grammy dan American Music Awards yang tak terhitung jumlahnya, tetapi kehormatan baru ini akan menjadi yang pertama bagi bintang pop dunia itu. Ya, penyanyi itu mendapat kehormatan karena namanya digunakan sebagai nama spesies kaki seribu yang baru.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ZooKeys, kaki seribu berkaki bengkok tersebut diberi nama Nannaria swiftae. Penulis utama studi yang juga kandidat doktor di Virginia Tech di Blacksburg, Derek Hennen mengaku memproklamirkan nama Swiftae karena ingin menghormati penyanyi tersebut.

"Musiknya telah membantu saya melewati masa-masa sulit, dan itu adalah ucapan terima kasih yang bisa saya berikan untuk kegembiraan yang dibawakan musiknya kepada saya," kata Hennen, seperti dikutip dari kake.com.

Hennen menemukan kaki seribu Appalachian di Fall Creek Falls State Park di Spencer, Tennessee, negara bagian yang sama dengan tempat Swift menghabiskan masa remaja untuk mengejar karir menyanyinya.

Jika Swift mendengar tentang penamaan itu, Hennen berharap dia senang dengan hal itu dan menggunakannya sebagai kesempatan untuk mempelajari lebih lanjut tentang kaki seribu.

"Bagi seorang ilmuwan, menamai spesies dengan nama seseorang dimaksudkan sebagai suatu kehormatan, jadi saya berharap dia memandangnya secara positif," katanya.

Hennen menggambarkan Nannaria swiftae sebagai kaki seribu yang "cantik" dengan warna cokelat kastanye dan bintik-bintik oranye kemerahan di sisinya.

Dia menemukan makhluk berkaki banyak itu saat bepergian bersama Paul Marek, profesor di departemen entomologi Virginia Tech, melintasi 17 negara bagian dari 2015 hingga 2019 dan menemukan 17 spesies kaki seribu baru.

"Kaki seribu adalah salah satu makhluk yang kurang dikenal karena mereka tidak mencolok seperti kupu-kupu atau capung, itulah sebabnya begitu banyak spesies baru ditemukan," kata Henen.

Lebih jauh dia menjelaskan bahwa kaki seribu lebih menyukai habitat liar dan penting dalam proses siklus nutrisi. Kaki seribu bertindak sebagai "pendaur ulang daun", memakan tanaman mati dan kotoran yang dibuangnya mengandung nutrisi, sehingga menyuburkan tanah, jelasnya.

Swift bukan satu-satunya nama yang diberikan Hennen pada kaki seribu temuannya. Sebelumnya, Hennen menamai spesies baru lainnya Nannaria marianae, yang mengambil dari nama isterinya, Marian. Nannaria marianae juga dikenal sebagai kaki seribu cakar Maple Flats.