Punya Harga Selangit, Ini Fakta Menarik Kayu Gaharu yang Mendunia

ilustrari pohon atau kayu gaharu. (foter)

Editor: Dera - Selasa, 19 April 2022 | 16:20 WIB

Sariagri - Kayu gaharu merupakan salah satu jenis kayu termahal di dunia. Kayu yang berasal dari pohon aquilaria malaccensis ini memang kerap dimanfaatkan dalam industri parfum. 

Gaharu merupakan sejenis kayu yang memiliki warna dengan kadar getah wangi sebagai ciri khas yang dihasilkan oleh pohon tersebut. Bukan hanya getah dan batangnya saja, kayu gaharu juga mempunyai sederet fakta menarik yang jarang diketahui. 

Melansir berbagai sumber, kayu gaharu di pasaran dijual per kilogram dengan harga tergantung kualitas resin yang dihasilkannya. Sebab keunikannya itu, kayu ini juga dinamai kayu dewa atau kayu dari surga. Kayu jenis ini dijual dengan harga mencapai USD100 ribu atau setara Rp1,43 miliar (kurs Rp14.300 per USD)

Berikut fakta menarik kayu gaharu yang mempunyai harga selangit. 

1. Menghasilkan furniture berkualitas tinggi

Salah satu jenis kayu yang memiliki nilai ekonomis tinggi adalah jenis kayu gaharu beringin. Teksturnya yang kuat dan batangnya yang unik, menjadikannya sebagai salah satu jenis kayu yang kerap digunakan dalam pembuatan furniture berkualitas tinggi.

Salah satu keunggulan lain dari kayu ini adalah tahan terhadap perubahan cuaca, tahan rayap dan pastinya lebih awet. Oleh karena itu, tak heran jika harganya menjadi mahal. 

2. Digunakan dalam industri parfum

Terbentuknya getah wangi dalam pohon gaharu merupakan akibat dari proses infeksi jamur secara alami maupun buatan. Nantinya, getah wangi tersebut diambil dan diolah kembali untuk diambil bau harumnya dan diubah menjadi parfum.

3. Bermanfaat bagi kesehatan

Kayu ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Di Asia Timur, kayu ini berfungsi sebagai pereda nyeri dan obat untuk meredakan asma.

Di Malaysia, masyarakat mencampurkan gaharu dengan minyak kelapa dan berfungsi sebagai obat gosok serta banyak digunakan untuk menyembuhkan penyakit kuning.

Baca Juga: Punya Harga Selangit, Ini Fakta Menarik Kayu Gaharu yang Mendunia
Polres Magetan Bongkar Komplotan Pencuri Spesialis Kayu Sonokeling

Di Mesir dan beberapa negara Arab, kayu ini banyak digunakan sebagai tonik jantung dan obat penghilang rasa kembung. Saat ini kayu tersebut juga banyak digunakan sebagai aromaterapi untuk mengatasi stress, depresi, tingkat kecemasan serta gangguan sistem saraf lainnya.

4. Digunakan sebagai sarana ibadah

Di Timur Tengah, kayu ini banyak digunakan sebagai attar dan dupa sebagai ritual sembahyang. Dupa yang dibakar akan menghasilkan aroma wewangian. Kayu gaharu yang biasanya digunakan sebagai dupa adalah jenis kayu gaharu buaya.

Video Terkait