Tawon Pemangsa Tarantula, Serangga yang Paling Ditakuti Predator

Ilustrasi Tawon Pemangsa Tarantula (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Kamis, 31 Maret 2022 | 22:30 WIB

Sariagri - Tawon pemangsa tarantula atau tarantula hawk adalah predator yang memburu dan memakan tarantula untuk dijadikan makanan bagi larvanya.

Tawon pemangsa tarantula dapat ditemukan di India sampai Asia Tenggara, Afrika, Australia, dan juga beberapa bagian di benua Amerika.

Sebagai serangga yang memiliki sengat, tawon ini termasuk tawon terpanjang yang panjangnya melebihi dari ukuran tawon pada umumnya yakni mencapai 5 centimeter (cm).

Ciri-ciri tubuhnya memiliki warna metalik biru kehitam-hitaman, sayapnya berwarna orange kecokelatan, warna tersebut berguna sebagai peringatan bahwa mereka predator yang berbahaya bagi pemangsa lain.

Berbeda dengan ciri lebah lain yang biasanya hidup berkoloni, lebah pemangsa tarantula lebih suka hidup sendiri di alam liar untuk berburu mangsanya. Senjata dalam melumpuhkan mangsanya adalah dengan menggunakan kakinya yang panjang dan cakar kaitnya yang berguna untuk bertarung dan menjepit lawannya.

Sengat pada tawon pemangsa tarantula betina memiliki panjang mencapai 7 milimeter (mm). Mereka merupakan salah satu lebah paling berbahaya di dunia, sengatan mereka sangat menyakitkan. Rasa sakit sengatannya tidak tertahankan dan akan berlangsung selama 3-4 menit, sengatan bisa menyebabkan kelemahan dan pingsan.

Cara mereka berburu tarantula pun terbilang cukup unik yaitu tawon pemangsa tarantula betina akan memasuki lubang laba-laba tarantula. Biasanya mereka akan mulai memprovokasi supaya tarantula mau mengangkat kaki-kakinya sehingga tawon pun dapat dengan mudah menyengat perutnya, sehingga laba-laba tersebut akan lumpuh.

Barulah tawon pemangsa tarantula akan membawa laba-laba tarantula ke dalam sarangnya yang kemudian masukkan telur kedalam perut laba-laba dan menghindari untuk memakan organ-organ vital yang diharapkan laba-laba tersebut akan tetap hidup.

Hal itu karena tawon pemangsa tarantula masih bisa memakannya dalam kondisi yang masih segar untuk beberapa minggu. Setelah itu telur tawon pemangsa tarantula akan menjadi larva dewasa dan keluar dari perut laba-laba untuk melanjutkan siklus hidupnya.

Baca Juga: Tawon Pemangsa Tarantula, Serangga yang Paling Ditakuti Predator
Buaya Penebar Teror di Kediri Akhirnya Ditangkap Warga

Jika tawon pemangsa betina berburu tarantula, tidak sama halnya dengan tawon pemangsa jantan. Tawon jantan tidak berburu, mereka lebih suka mengumpulkan sari bunga yang diproduksi oleh beberapa jenis pohon.

Tawon betina juga melakukan hal ini karena serangga ini termasuk hewan nectariferous, yakni pengonsumsi gula yang diproduksi oleh sari bunga. Pemangsa untuk tawon ini terbilang sedikit, karena sengatnya yang berukuran sangat besar membuat binatang yang lain takut untuk mendekat.