Mengenal Laba-laba Merak, Fauna Endemik Unik Asal Australia

Ilustrasi Laba-Laba Merak (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Jumat, 1 April 2022 | 13:10 WIB

Sariagri - Laba-laba merak adalah laba-laba yang memiliki warna indah yang sangat mencolok seperti burung merak. Spesies laba-laba ini diberi nama ilmiah Meratus Vultus yang merupakan salah satu laba-laba pelompat yang handal. Bagaimana tidak, laba-laba merak bisa melompat 40 kali tinggi dari ukuran tubuhnya.

Dengan ukuran yang sangat kecil, karena hanya seujung kuku orang dewasa atau kurang lebih 4 sampai 5 mm. ABC News melaporkan, laba-laba merak merupakan fauna endemik Negeri Kanguru, terutama di setengah bagian selatan benua Australia.

Dilaporkan University of Michigan, habitat serangga yang satu ini sangat bervariasi, mulai dari daerah yang cenderung gersang hingga wilayah pantai. Beberapa spesies hanya menghuni satu jenis habitat, sedangkan sisanya ada yang memiliki jangkauan habitat luas meliputi bukit pasir, padang rumput, dan hutan.

Laba-laba ini memiliki warna yang sangat unik, ketika masih kecil berwarna coklat seperti laba-laba pada umumnya. Namun ketika dewasa bagian perut laba-laba ini akan berubah menjadi warna-warni. Memiliki warna indah seperti pelangi membuat spesies ini dijuluki laba-laba merak.

Warna yang muncul pada laba-laba ini karena adanya pigmen superhitam yang dimiliki laba-laba merak jantan. Pigmen tersebut merupakan warna struktural yang menggunakan permukaan berstruktur untuk mengubah cahaya sehingga bisa memantulkan warna seperti cermin.

"Warna superhitam yang ada di permukaan berstruktur mampu menyerap cahaya sehingga bisa memantulkan (warna) mirip cermin," ujar peneliti, seperti dilansir Science Alert.

Tidak sekadar indah dipandang, warna-warni di tubuh laba-laba merak juga memiliki fungsi penting bagi proses reproduksi. Laba-laba merak jantan memiliki masalah besar saat masa kawin datang. Serangga ini harus menghadapi laba-laba betina yang ukuran tubuhnya jauh lebih besar.

Selain itu, laba-laba merak betina umumnya lebih suka membunuh jantan untuk dijadikan santapan. Sedangkan laba-laba merak jantan memiliki keistimewaan yang dapat menarik perhatian si betina saat musim kawin.

Laba-laba merak jantan akan melompat seolah sedang menari dengan mengangkat kaki dan perutnya yang bercorak warna-warni untuk memikat lawan jenisnya. Selanjutnya, laba-laba merak jantan akan memberikan tanda kepada laba-laba betina atau mendekatinya untuk memberitahu bahwa ia bukan predator dan tidak perlu ditakuti. Dengan cara itulah perkawinan kemudian terjadi.

Baca Juga: Mengenal Laba-laba Merak, Fauna Endemik Unik Asal Australia
Fakta Unik Black Widow, Laba-laba dengan Pola Jam Pasir di Perut

Keindahan warna-warni tubuh laba-laba merak pernah diabadikan oleh seorang ilmuwan dan fotografer Australia, Jurgen Otto. Foto-foto tersebut kemudian diidentifikasi oleh alat khusus di komputer yang dapat mendeteksi apakah foto tersebut merupakan laba-laba merak, belalang, atau tawon.

Hasilnya, komputer kerap salah mendeteksi perut laba-laba merak sebagai belalang atau tawon. Hal ini membuktikan bahwa penyamaran laba-laba merak di hadapan betinanya memang sukses.

Video Terkait