Buaya Penebar Teror di Kediri Akhirnya Ditangkap Warga

Buaya di Kediri berhasil diamankan. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 25 Maret 2022 | 10:30 WIB

Sariagri - Setelah sempat membuat heboh dan meresahkan warga Desa Janti, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, buaya muara (Crocodylus porosus Schneider) sepanjang hampir 2 meter akhirnya berhasil ditangkap warga.

Menurut Agus Supriyanto, salah seorang warga yang dikenal mahir menangkap reptil mengatakan saat ditangkap olehnya, buaya tersebut sempat melakukan perlawanan.

“Cukup sulit, karena pas berhasil masuk ke dalam jeratan tali saya, buaya itu sempat berontak. Namun akhirnya bisa saya lumpuhkan berkat bantuan warga dan muspika,” ujar Agus Supriyanto kepada Sariagri, Kamis (24/3/2022).

Buaya itu kemudian diikat kaki dan moncongnya menggunakan tali serta kepalanya ditutup dengan karung beras.

“Meski posisi sudah terikat, buaya itu masih saja berusaha berontak dan bergerak meronta seakan ingin membebaskan diri,” kata dia.

Agus menyebutkan saat menangkap buaya muara ini, Nampak masih ada 1 ekor lagi yang berhasil lolos menyelam di kedalaman sungai.

“Masih ada 1 ekor lagi ukurannya lebih kecil. Belum tertangkap karena sudah lebih dulu kabur,” imbuhnya.

Buaya muara yang tertangkap tersebut kemudian menjadi tontonan warga yang penasaran. Mereka berkerumun untuk melihat buaya dari dekat.

“Warga penasaran, karena buaya muara yang ditangkap warga ini panjangnya mencapai 1 meter koma 80 centimeter. Sedangkan lebar badannya, 25 centimeter,” ujar Agus.

Sementara itu, petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) yang datang ke lokasi, langsung membawa buaya muara untuk selanjutnya dirawat.

Diperkirakan buaya muara tersebut sengaja dilepas liarkan oleh pemiliknya,karena tidak mampu merawat atau takut berurusan dengan hukum. Lantaran buaya muara itu dilindungi oleh negara.

“Diduga buaya muara ini sengaja dilepas liarkan oleh pemiliknya, karena sudah tidak mampu memberi pakan atau tidak mau ribet berurusan dengan hukum, “ terang Kepala Resort BKSDA Kediri, David Faturahman.

Baca Juga: Buaya Penebar Teror di Kediri Akhirnya Ditangkap Warga
Quokka, Hewan Paling Bahagia di Dunia yang Hampir Punah

Meskipun satu buaya sudah tertangkap, namun petugas tetap menghimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dan waspada karena masih ada satu buaya lagi yang belum tertangkap.

“Berdasarkan informasi, masih ada 1 buaya lagi yang berkeliaran di sungai. Warga dihimbau untuk waspada jika berada di tepi sungai atau beraktifitas di sekitar lokasi temuan pertama,” tandasnya.

Video Terkait