Quokka, Hewan Paling Bahagia di Dunia yang Hampir Punah

Ilustrasi Quokka (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 17 Maret 2022 | 19:10 WIB

Sariagri - Quokka merupakan hewan yang dianggap paling bahagia di dunia. Hal itu karena hewan nokturnal ini memiliki ekspresi wajah yang selalu tersenyum. Sayangnya, hingga kini tidak ada penelitian pasti tentang ekspresi wajah yang dimiliki oleh quokka.

Dilansir dari laman AZ Animals, populasi quokka terbanyak saat ini berada di wilayah Pulau Rottnest, Australia dan berasal dari keluarga yang sama dengan kangguru (Macropodidae).

Habitat asli quokka sebenarnya berada di hutan lebat yang dekat dengan perairan, misalnya seperti di tepi rawa.

Dibandingkan dengan spesies walabi lainnya, quokka merupakan hewan yang tergolong kecil dengan tubuhnya yang pendek serta dikelilingi oleh bulu yang lebat. Meski begitu, hewan ini termasuk hewan agresif yang dapat bergerak cepat dan akan menggunakan cakar pada kukunya serta giginya yang tajam saat ia merasa terancam.

Quokka diketahui memiliki bulu yang teksturnya cukup kasar berwarna coklat atau abu-abu. Terlihat ada corak merah di sekitar wajah dan leher yang kelihatan agak cerah dibandingkan bagian bawah tubuhnya.

Telinga quokka ukurannya kecil, bentuknya bulat. Moncong juga agak bulat, ujung hidung berwarna hitam. Tidak seperti spesies walabi lainnya, ekor quokka tak berbulu tebal. Berat quokka jantan antara 2,5 kilogram hingga 4,5 kilogram. Adapun yang betina 1,5 kilogram hingga 3,5 kilogram

Pada setiap tahunnya, keberadaan quokka di habitat aslinya yaitu Pulau Rottnest telah memikat banyak wisatawan untuk berkunjung melihat keunikannya.

Mengutip Animalogic, quokka di Pulau Rottnest adalah hewan yang termasuk ramah pada manusia. Bahkan banyak pengunjung yang mengajaknya untuk berswafoto bersamanya.

Namun, bagi para wisatawan tetap harus mentaati peraturan yang berlaku dan dilarang untuk beraktivitas yang dianggap akan mengganggu quokka.

Quokka hidup berkelompok, jumlahnya bisa mencapai 150 ekor. Saat ini, terdapat sekitar 12 ribu hingga 14 ribu ekor quokka yang hidup di alam Pulau Rottnest.

Mengutip dari earthbuddies.net, quokka juga sering mencuri makanan di dekat tempat tinggalnya. Mereka sering berkeliaran di jalanan, dan masuk kafe serta restoran.

Baca Juga: Quokka, Hewan Paling Bahagia di Dunia yang Hampir Punah
BRIN: Pulau Sulawesi Sumbang 80 Persen Temuan Spesies Baru

Dikabarkan hewan imut ini diketahui rela mengorbankan anak-anaknya untuk mempertahankan hidup. Ketika diancam oleh hewan yang lebih besar.

Alih-alih melindungi yang muda, induk Quokka justru melarikan diri dan meninggalkan anaknya sebagai umpan hewan lain. Bahkan Quokka sering menelantarkan bayinya, dan lebih memilih untuk menghasilkan bayi lagi.