Indonesia Perkuat Kolaborasi Aksi Iklim Berbasis Kelautan di Forum G20

Ilustrai - Dampak perubahan iklim. (Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 1 Maret 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Indonesia mendorong rencana memperkuat kerja sama aksi iklim berbasis kelautan sebagai bagian dari isu prioritas yang diusung dalam forum G20 Environment Deputies Ministerial-Climate and Sustainability Working Group (EDM-CSWG).

"Kita ingin mempunyai satu G20 action plan untuk bisa memperkuat kerja sama terutama ocean-based climate action," ujar Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim (PPI) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)Laksmi Dhewanthi dalam agenda virtual "Kick Off G20 on EDM-CSWG: Leading for Sustainability", Selasa (1/2/2022).

Alasan pemilihan aksi iklim berbasis kelautan itu karena Indonesia sebagai negara kepulauan yang besar dengan berbagai potensi pada sektor pesisir dan laut. Hal itu menjadikan isu kelautan dimasukkan dalam salah satu isu prioritas dalam kelompok kerja lingkungan hidup dan iklim G20.

Dia menjelaskan KLHK bersama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan mengusung isu-isu terkait kelautan di EDM-CSWG.

"Kita juga mengharapkan ada laporan G20 tentang bagaimana rekomendasi-rekomendasi yang bisa mendorong dan memperkuat kerja sama antara G20 dalam mempromosikan berbagai riset, sains, teknologi, inovasi, kebijakan dan strategi yang terkait ocean-based climate action," katanya.

Diharapkan melalui rekomendasi itu tidak hanya bisa dimaksimalkan upaya penurunan emisi gas rumah kaca lewat sektor pesisir dan laut, tapi juga meningkatkan ketahanan iklim.

Baik rencana aksi maupun laporan itu merupakan hasil yang diinginkan dicapai dari salah satu isu prioritas yang didorong pada Presidensi G20 Indonesia.

Baca Juga: Indonesia Perkuat Kolaborasi Aksi Iklim Berbasis Kelautan di Forum G20
Kominten Indonesia Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

Indonesia memiliki isu prioritas yaitu mendorong aksi yang terkait dengan pengelolaan lahan dan ekosistem laut demi mendukung upaya-upaya perlindungan lingkungan hidup dan mencapai target perubahan iklim.

Selain itu, Indonesia juga memiliki isu prioritas di forum G20 EDM-CSWG, yaitu mendukung pemulihan berkelanjutan yang lebih kuat dan mobilisasi sumber daya untuk mendukung perlindungan lingkungan hidup dan pencapaian target iklim.

Video: