Bukan Singa, Macan, atau Cheetah, Ini 3 Predator Penguasa Alam Liar Sebenarnya

Ilustrasi singa (Pexels)

Penulis: Triana, Editor: M Kautsar - Selasa, 1 Maret 2022 | 18:45 WIB

Sariagri - Ketika kamu mendengar binatang pemburu yang sangat hebat dan pintar dalam mencari mangsa. Pasti yang terlintas dalam benakan kamu adalah singa, macan, ataupun cheetah. Hal itu disebabkan karena melihat kecepatan mereka dalam berburu mangsanya.

Tapi ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar karena ternyata ada yang lebih tangguh dalam berburu selain ketiga binatang buas tersebut.

Berikut adalah tiga binatang liar yang sangat tangguh dalam berburu.

1. Kucing Berkaki Hitam

Baca Juga: Bukan Singa, Macan, atau Cheetah, Ini 3 Predator Penguasa Alam Liar Sebenarnya
Laporan Khusus: Jejak Langkah Sterilisasi Kucing



Kucing ini memiliki tubuh yang kecil imut dan lucu. Tetapi jangan salah, ternyata binatang yang berasal dari Afrika Selatan ini adalah salah satu predator yang dinobatkan sebagai pemburu yang sangat tangguh. Hal itu dikarenakan kucing yang bernama latin Felis nigripes ini mempunyai teknik berburu yang tenang.

Menurut International Society for Endangered Cats, kucing berkaki hitam ini dapat berburu dan memakan hingga 3.000 hewan pengerat dalam setahun. Bayangkan saja, dengan tubuhnya yang hanya 20 sampai 30 centimeter ini bisa memangsa hewan lain sebanyak itu. Dibandingkan dengan ukuran tubuh singa, berat kucing berkaki hitam hanya 1 sampai dengan 3 kilogram, atau 200 kali lebih kecil dari si raja hutan.

2. Buaya Muara

Di dunia air ada satu hewan pemburu yang sangat hebat, dia adalah sang buaya muara. Predator amfibi ini memang mempunyai ukuran yang paling besar dibanding ukuran jenis buaya lainya. Panjang buaya muara bisa mencapai 7 hingga 8 meter dan beratnya bisa mencapai 200 kg.

Selain ganas, buaya muara yang disebut juga Crocodylus porosus ini terkenal memiliki kemampuan yang unik yakni mengamati pola dan kebiasaan pergerakan mangsanya. Di samping bentuk badannya yang besar, hal ini pulalah yang membuat buaya muara sangat mudah menerkam mangsanya.

3. Elang ikan

Elang ikan atau sering disebut juga elang tiram adalah jenis elang yang dikenal mempunyai kemampuan berburu yang tidak bisa diremehkan dengan tingkat keberhasilan 80 hingga 89 persen. Spesies yang bernama ilmiah Pandion hiliaetus ini mempunyai penglihatan sangat tajam yang berguna saat berburu ikan, habitatnya tersebar di seluruh dunia kecuali di Antartika. Elang ikan ini jika mementangan sayapnya bisa mencapai 2 meter lho.

Nah itulah 3 binatang dengan segala kelebihannya dalam berburu, akan tetapi predator tersebut saat ini sudah sangat berkurang karena perburuan liar, perubahan iklim yang ekstrim dan habitatnya yang semakin berkurang.

Video terkini:

Video Terkait