Jenis-jenis Bambu di Indonesia yang Perlu Diketahui

Ilustrasi - Tanaman bambu.(Pixabay)

Editor: M Kautsar - Senin, 21 Februari 2022 | 09:00 WIB

Sariagri - Bambu merupakan salah satu jenis tanaman yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari baik untuk membuat kerangka bangunan, mainan, pagar atau perabotan rumah lainnya.

Tanaman ini memiliki bentuk silinder yang memiliki tekstur halus dan kuat. Bentuknya yang panjang dan teratur, menjadi keunikan tersendiri dari tanaman bambu. Terdapat berbagai macam jenis tanaman bambu yang tumbuh di Indonesia.

Berikut jenis-jenis bambu dan karakteristiknya yang perlu kamu ketahui.

Bambu Apus

Tanaman bambu apus ini tumbuh secara merumpun atau berkelompok, tegak, dan rapat. Di bagian batangnya sering tertutup dengan bulu-bulu hitam atau coklat. Tanaman bambu ini bisa tumbuh tinggi mencapai 22 meter. Pohon bambu ini umumnya tumbuh baik di wilayah dataran rendah yang lembap dan panas.

Bambu Bali

Pohon bambu Bali ini berwarna batang kuning cerah dan garis-garis hijau serta bisa tumbuh tegak hingga 12 meter dengan diameter batang sekitar 7 cm. Ia bisa tumbuh dilingkungan beriklim tropis dan membutuhkan permukaan tanah yang teratur. Daunnya juga tumbuh dengan warna kuning.

 

Bambu Andong

Bambu ini mempunyai batang berwarna hijau dengan garis-garis vertikal putih memanjang. Ketika sudah mongering garis putih ini akan berubah menjadi kering. Kekurangan dari jenis bambu ini terletak dari daya tahannya yang rendah sehingga rentan dengan serangan rayap.

Bambu Hitam

Bambu ini berwarna hitam dan bisa tumbuh sekitar 8 hingga 18 meter. Sementara diameter batangnya mencapai 6 hingga 8 cm di bagian dasarnya. Biasanya tanaman bambu hitam hidup merumpun, dengan satu cabang yang mendominasi dan berukuran paling besar. Pohon bambu hitam sangat cocok tumbuh di daerah dataran rendah tropis yang lembap.

Bambu Gendang

Bambu gendang juga termasuk salah satu dari jenis-jenis bambu di Indonesia yang mempunyai karakteristik unik karena panjang batangnya hanya berukuran 18 cm saja. Bambu ini biasanya dikadikan tanaman pagar rumah. Ciri khas lainnya, bambu ini mempunyai bentuk batang yang menggelembung dan mengecil di bagian bawah.

Bambu Cendani

Bambu cendani memiliki batang kuat yang tumbuh lurus dan tegak tanpa melengkung. Ia dapat tumbuh dengan baik di daerah dingin yang lembap. Bambu jenis ini jika sudah tua batangnya akan berubah menjadi kuning kehijauan. Sedangkan diameter batangnya cukup kecil yaitu sekitar 7 cm.

Baca Juga: Jenis-jenis Bambu di Indonesia yang Perlu Diketahui
Alula, Tanaman Unik Asal Hawai yang Telah Punah di Alam Liar

Bambu Betung

Bambu betung memiliki panjang setiap ruas batang mencapai 40 hingga 50 meter dan berdiameter 12 hingga 18 cm. Umumnya, pohon bambu betung tumbuh dengan baik di lingkungan tanah alluvial yang subur dan lembap. Namun pohon ini juga mampu bertahan hidup di daerah kering seperti di dataran rendah. Bambu jenis ini akan tumbuh melengkung jika semakin tinggi.

Bambu Jepang

Bambu jepang ini dapat tumbuh sekitar 4-5 meter dengan diameter 3 cm dan panjang setiap ruasnya 30 cm. Memiliki bentuk batang yang tegak dengan warna hijau keabuan.

Video terkini:

Video Terkait