Taman Nasional Ujung Kulon, Destinasi Wisata Berbeda yang Punya Banyak Keistimewaan

Dermaga Pulau Peucang di Taman Nasional Ujung Kulon (Antara)

Editor: Tanti Malasari - Senin, 14 Februari 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon adalah salah satu objek wisata yang ada di Provinsi Banten. Letaknya bisa dikatakan cukup jauh dari keramaian kota.

Kawasan ini berada di ujung barat Pulau Jawa, tepatnya terbentang di dua wilayah, yaitu Kecamatan Sumur dan Cimanggu. Kedua kecamatan ini adalah bagian dari wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten.

Sebenarnya Provinsi Banten sendiri, memiliki destinasi wisata favorit lain seperti Pantai Anyer, Pantai Carita, dan Pulau Umang. Namun Taman Nasional ini bisa dikatakan sebagai tempat wisata yang unik, karena menghadirkan pengalaman berbeda.

Keistimewaan Taman Nasional Ujung Kulon

Kawasan ini juga memiliki keistimewaan tersendiri, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Sejak 1 Februari 1992, Komisi Warisan Dunia UNESCO menetapkan Taman Nasional Ujung Kulon sebagai Natural World Heritage Site.

2. Taman nasional ini juga sangat terkenal sebagai tempat konservasi satwa badak bercula satu, yang merupakan hewan langka yang dilindungi dan terancam punah.

Tidak hanya itu saja, dengan luas area yang mencapai 122.956 Hektare, kawasan Taman Nasional Ujung Kulon menjadi destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pasalnya pemandangan alam disana benar-benar memanjakan mata yang melihatnya.

Alamnya masih sangat asri dan terjaga, dengan vegetasi yang tumbuh bebas. Ditambah hadirnya pemandangan pantai yang indah membuat pengunjung terpesona.

Untuk masuk ke wilayah taman nasional ini, setiap wisatawan harus membeli tiket is masuk sebesar Rp5.000 per orang untuk warga negara Indonesia dan Rp150.000 per orang untuk warga negara asing.

Destinasi wisata alam yang ada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon

1. Pulau Handeulum

Terletak di antara gugusan pulau-pulau kecil di ujung timur laut Semenanjung Taman Nasional ini, Pulau Handeulum hadir dengan menyajikan hamparan sisa akar pohon bakau.

Selain keindahan alam, ada hal unik yang dimiliki pulau ini, yaitu keberadaan rel kereta yang mengarah ke lautan. Di pulau ini sudah tersedia banyak resor untuk tempat penginapan.

2. Pulau Panaitan

Pulau yang berlokasi di selat Sunda ini cukup terkenal di kalangan surfer profesional. Pulai Panaitan memiliki ombak tinggi yang menjadi wahana bermain menyenangkan bagi para penunggang ombak.

Namun, sayang di pulau ini belum tersedia fasilitas hostel atau resor. Para turis yang berkunjung kesini biasanya mereka mendirikan tenda di sini.

3. Pulau Peucang

Diantara seluruh tempat wisata yang ada di kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, pulau ini yang paling populer dan banyak dikunjungi.

Disini juga sudah tersedia sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan berlibur, seperti berenang, menyelam, dan snorkeling.

Soal penginapan, disini sudah banyak resor yang tersedia, jadi tak usah pusing nyari penginapan disekitar sana. Satu-satunya sumber tenaga listrik di kawasan ini hanya ada di Pulau Peucang.

4. Gunung Honje

Selain pantai, Taman Nasional Ujung Kulon juga memiliki destinasi wisata berupa Gunung Honje. Gunung ini bisa menjadi tempat yang ideal untuk dikunjungi.

Di kawasan gunung ini juga ada sumber Air Panas Cibiuk, Curug Cikajang, Curug Pipanis, dan Desa Nelayan Cibanua.

5. Sungai Cigenter

Di dalam kawasan taman nasional ini, pengunjung bisa berkano. Kegiatan ini adalah menyusuri Sungai Cigenter, yang beraliran tenang sambil memandangi tipe hutan hujan tropis sepanjang sungai dan badak-badak yang sedang berendam, dengan menggunakan sampan kecil.

Baca Juga: Taman Nasional Ujung Kulon, Destinasi Wisata Berbeda yang Punya Banyak Keistimewaan
Perburuan Badak di Afrika Selatan Meningkat 15 Persen

6. Pulau Oar-Umang

Keindahan hamparan pasir putih yang bertemu dengan birunya air laut, menjadi pemandangan yang dicari setiap pengunjung saat berada di Pulau Oar-Umang.

Pulai Oar adalah pulau kecil seukuran lapangan basket, yang berada di kawasan taman nasional.

7. Padang Cidaon dan Cibunar

Jika di Taman Nasional Baluran ada Savana Bekol, maka di kawasan ini juga ada savana bernama Padang Cidaon dan Cibunar.

Di Padang Cidaon dan Cibunar ini, wisatawan bisa bertemu langsung dengan bermacam satwa liar yang hidup bebas disana seperti rusa, kancil, banteng, babi hutan, kera ekor panjang dan satwa lainnya.

Untuk mencapai lokasi ini, wisatawan harus berlayar dahulu sekitar 15 menit dari Pulau Peucang.

Video Terkait