Sarang Burung Walet, Makanan Eksotis dengan Harga Fantastis

Sarang burung walet.(Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Kamis, 27 Januari 2022 | 15:40 WIB

Sariagri - Sarang burung walet atau yang juga dikenal dengan sebutan Edibles Bird Nest adalah makanan menyehatkan. Sesuai dengan namanya, bahan makanan ini memang berasal dari sarang burung yang bernama walet.

Burung walet membuat sarangnya dari air liur yang dilakukan secara bertahap sampai memadat dan mengering hingga keras dengan sendirinya. Berkat tekstur liurnya yang sangat lengket ini, sehingga membuat sarangnya dapat menempel ke langit-langit atau dinding teratas gua agar tidak mudah jatuh.

Air liur mereka bisa dikatakan air liur ajaib, sebab bukan sekadar air liur biasa. Hal ini dikarenakan liurnya mengandung tinggi protein serta kalsium, zat besi, kalium, dan magnesium. Semua kandungan tersebut adalah nutrisi penting dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Spesifikasi burung walet

Burung ini merupakan kerabat dekat burung kolibri. Maka tak heran jika mereka memiliki kemampuan terbang dengan sangat cepat, yaitu 31 meter per detik atau 112 km/jam. Jika dihitung, dalam setahun jarak terbangnya dapat mencapai sejauh 200.000 km.

Bahkan dalam seumur hidupnya, walet mampu terbang hingga dua juta kilometer. Jarak tersebut setara terbang ke bulan hingga lima kali.

Burung ini memiliki tubuh yang berwarna gelap. Ukuran tubuhnya terbilang cukup kecil sampai sedang. Mereka memiliki sayap berbentuk sabit yang sempit dan runcing. Sehari-hari mereka dikenal sebagai burung pemakan serangga. Hobi mereka adalah meluncur, dengan kemampuan terbangnya yang termasuk cepat.

Habitat burung walet

Burung ini banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara, terutama Malaysia, Thailand, Vietnam, Filiphina, Kamboja, Laos dan juga Indonesia. Sebagian besar dari mereka berada di dalam goa-goa atau di dataran rendah yang ketinggiannya kurang dari 1000 mdpl.

Habitat mereka adalah daerah beriklim tropis dengan curah hujan tinggi, dengan suhu berkisar 26 hingga 40° C, dan kelembaban udara antara 80-90%.

Olahan sarang burung walet

Sarang yang dihasilkan oleh burung walet ini sangat populer untuk diolah sebagai sup atau es sarang burung. Meski begitu, tidak sedikit juga yang memetik manfaatnya dengan mengolah sarang burung ini menjadi makanan penutup.

Tekstur sarang burung yang telah diolah ini, biasanya lembut dan sedikit kenyal. Selain itu, es sarang burung ini juga sangat segar sehingga cocok dinikmati saat siang hari.

Manfaat sarang burung walet

Menurut informasi gizi yang terdapat pada laman Data Komposisi Pangan Indonesia, sarang walet mengandung energy, kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor dan zat besi.

Selain itu, sarang dari burung ini juga diketahui mengandung Epidermal Growth Factor (EGF). EGF sendiri adalah senyawa yang dibutuhkan untuk produksi kolagen alami yang membantu proses regenerasi sel. Mengonsumsi sarang walet secara rutin dapat membantu menjaga kecantikan kulit seperti meremajakan kulit, membuat kulit lebih halus, lebih bercahaya, dan tampak lebih muda.

Berkat semua kandungan yang dimiliki burung ini, membuatnya memberikan manfaat besar yang dibutuhkan tubuh, diantaranya adalah sebagai berikut :

Baca Juga: Sarang Burung Walet, Makanan Eksotis dengan Harga Fantastis
Mengenang Kauai, Burung Endemik Hawaii yang Kini Hanya Tinggal Cerita

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
2. Merupakan Sumber Antioksidan, Asdan Mineral Baik
3. Mengobati Penyakit Diabetes
4. Mengurangi Dampak Nikotin
5. Meningkatkan Imunitas atau Kekebalan Tubuh
6. Meningkatkan Vitalitas
7. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker
8. Menurunkan Kolesterol
9. Meningkatkan Daya Ingat
10. Mengobati Anemia
11. Membantu Penyerapan Vitamin D
12. Menjaga Kesehatan Otak
13. Mencegah Depresi
14. Memenuhi Nutrisi Ibu Hamil
15. Mencegah Permasalahan Seksual

Harga sarang walet

Sarang burung ini dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Maka tidak heran jika harganya memang relatif mahal. Hal inilah yang membuat banyak orang rela ingin membeli dan mengonsumsinya buat kesehatan. Untuk satu kilogramnya saja, sarang burung ini dihargai mulai dari delapa juta sampai belasan juta rupiah, tergantung dari jenis dan kualitasnya.

Video Terkait