Ratusan Burung Hasil Tangkapan Diserahkan ke BKSDA Jawa Tengah

Ratusan burung hasil tangkapan diserahkan ke BKSDA Jawa Tengah. (Barantan)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 27 Januari 2022 | 11:30 WIB

Sariagri - Karantina Pertanian Semarang menyerahkan satwa ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah (Jateng) dalam rangka menjaga kelestarian keanekaragaman hayati. Satwa yang diserahkan ke BKSDA Jateng terdiri dari 200 ekor burung kacer, 10 ekor burung belibis dan 120 ekor Jalak Kebo.

"Satwa-satwa tersebut merupakan satwa hasil tangkapan bawaan penumpang dari Pontianak, Kalimantan Barat tanpa dilengkapi Sertifikat Kesehatan Hewan," ujar Sub Koordinator Substansi Karantina Hewan dikutip dari Badan Karantina Pertanian (Barantan), Pratiwi Asmara Wulan, Kamis (27/1/2022).

Koordinasi antara Karantina Pertanian Semarang dan BKSDA Jateng telah berlangsung secara intensif. Polisi Hutan BKSDA Jawa Tengah, Rimbawanto menerima satwa itu untuk mengamankan perawatan selanjutnya.

Baca Juga: Ratusan Burung Hasil Tangkapan Diserahkan ke BKSDA Jawa Tengah
Ratusan Burung Sitaan Balai Karantina Lampung Dilepasliarkan

"Kegiatan serah terima ini dilengkapi dengan Berita Acara Serah Terima antara Karantina Pertanian Semarang dan BKSDA," kata Kepala Karantina Pertanian Semarang, Parlin Robert Sitanggang.

Untuk diketahui, satwa hasil tangkapan harus segera ditindaklanjuti karena populasi dan ekosistem satwa liar mulai punah. Pelepasan satwa ini segera dilakukan untuk mencegah kematian plasma nutfah hutan.

Video terkait:

Video Terkait