Ecofit, Biotek Baru Mencocokkan Pohon dengan Lingkungan dan Ekosistem

Ilustrasi pohon. (Unsplash)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 26 Januari 2022 | 14:40 WIB

Sariagri - Banyak yang melakukan penanaman pohon dianggap sebagai solusi untuk perubahan iklim. Namun sebelum satu pohon dapat ditanam, seorang perencana harus membuat keputusan mendasar seperti jenis pohon apa yang akan ditanam.

Biasanya, pilihan ini telah dipandu oleh percobaan penanaman jangka pendek atau oleh pengamatan sebelumnya. Kedua metode ini tidak dapat diandalkan.

Sebuah pertanyaan sederhana menjadi rumit oleh beberapa faktor. Pertama, ada sejumlah besar keragaman genetik dalam spesies pohon. Akibatnya, varietas yang berbeda dari spesies yang sama mungkin lebih atau kurang cocok untuk proyek tertentu tergantung pada kondisi tanah.

Selain itu, perubahan lingkungan, seperti penipisan tanah berarti suatu spesies di masa lalu bukanlah prediktor yang dapat diandalkan untuk keberhasilan di masa depan. Sebagai akibat dari kerumitan ini, tidak mengherankan jika banyak perencana menggunakan sejumlah spesies non-asli yang terkenal. Hal ini pada gilirannya dapat memiliki efek negatif pada keanekaragaman hayati.

Baru-baru ini biotek baru dari perusahaan reboisasi Spades membuat proses pemilihan pohon lebih akurat dan ilmiah. Teknologi ini disebut Ecofit, melakukan triangulasi kondisi lingkungan setempat dengan karakteristik spesies pohon yang berbeda untuk menemukan kecocokan yang ideal.

Ecofit menggunakan biopsi pohon, uji tanah, dan data iklim untuk menilai kebugaran spesies untuk lokasi tertentu. Faktor-faktor yang dipertimbangkan meliputi cahaya, air, tanah, nutrisi, dan suhu.

“Mitigasi iklim yang serius membutuhkan investasi yang serius, yang membutuhkan mitigasi risiko yang serius. Ecofit adalah satu-satunya metode pengujian untuk memprediksi keberhasilan pohon,” jelas Raymond Menard, CEO dan Pendiri Spades.

“Hal paling penting adalah membuat pohon tumbuh subur, bukan hanya bertahan hidup. Bahkan jika pohon apel hanya menumbuhkan apel 10% lebih banyak, itu bisa menjadi perbedaan antara untung dan rugi,”tambahnya.

Baca Juga: Ecofit, Biotek Baru Mencocokkan Pohon dengan Lingkungan dan Ekosistem
Kenapa Natal Identik dengan Pohon Cemara?

Teknologi Ecofit telah diuji di laboratorium lebih dari 400 spesies pohon di 30 ekosistem global – dari gurun hingga hutan hujan tropis-. Diharapkan kemampuan untuk memilih spesies pohon secara efektif akan meningkatkan keuntungan investor, mengurangi perubahan iklim, dan menyelamatkan habitat setempat.

Reboisasi telah menjadi topik hangat karena digunakan untuk mencegah iklim panas. Inovasi terbaru yang ditemukan oleh Springwise termasuk drone penyebar benih , dan aplikasi penanaman pohon.

Video Terkait