YouTuber Thailand Temukan Spesies Baru Tarantula

Ilustrasi - Tarantula.(Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 20 Januari 2022 | 07:00 WIB

Sariagri -  YouTuber Thailand, JoCho Sippawat menemukan spesies baru tarantula yang unik di Provinsi Tak, Thailand. Spesies yang diberi nama Taksinus bambus ini memiliki campuran warna hitam dan putih lembut. Tarantula tinggal di dalam batang tanaman bambu yang menjadi tempat untuk membuat sarang sutra.

Dalam pebelitian itu, Sippawat yang memiliki hampir 2,5 juta pelanggan di saluran YouTube-nya bekerja sama dengan ahli arakhnologi Dr. Narin Chomphuphuang dan Chaowalit Songsangchote. Chomphuphuang  menjelaskan temuan Sippawat dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ZooKeys.

"Spesies ini unik karena terkait dengan bambu, dan kami belum pernah mengamati spesies tarantula ini di tanaman lain," ujar Chomphuphuang dalam sebuah postingan blog yang dikutip nerdist.com. \

"Bambu penting bagi tarantula ini, tidak hanya sebagai gaya hidup tetapi juga karena hanya dapat ditemukan di hutan perbukitan tinggi di bagian utara Thailand di ketinggian sekitar 3.300 kaki,” katanya.

Chomphuphuang menyebut temuan ini sebagai kasus pertama genus tarantula yang hidup di bagian dalam batang bambu. Para ahli mengenal dua jenis tarantula di Asia Tenggara yaitu terestrial dan arboreal. Taksinus bambus masuk dalam kelompok arboreal yang hidup di pepohonan. Namun spesies ini adalah jenis pertama yang lebih menyukai satu jenis pohon.

Baca Juga: YouTuber Thailand Temukan Spesies Baru Tarantula
Jangan Diusir, Laba-laba di Pohon Ternyata Punya Manfaat



"Hewan-hewan ini benar-benar luar biasa, mereka adalah tarantula pertama yang diketahui dengan ekologi berbasis bambu," tambah Chomphuphuang.

Meski hidup eksklusif di dalam batang bambu, tarantula ini tetap bergantung pada bantuan hewan lain termasuk kumbang penggerek bambu, cacing bambu dan lebah tukang kayu yang juga bersarang di bambu.

Video:

Video Terkait