Tim BBKSDA Riau Halau Gajah Liar Hendak Masuk Permukiman Warga

Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Dalam (BBKSDA) Riau menghalau kawanan gajah liar. (Antara/HO-Dok BBKSDA Riau).

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 18 Januari 2022 | 20:30 WIB

Sariagri - Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau berhasil menghalau kawanan gajah liar yang berupaya masuk serta merusak permukiman warga Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

"Saat menghalau kawanan gajah liar tersebut mereka dibantu masyarakat sempat," ujar Plt Kepala BBKSDA Riau, Fifin Arfiana Jogasara, Selasa (18/1/2022).

Menurut dia, berdasarkan pantauan di lokasi, petugas memperkirakan ada dua ekor gajah liar yang akan masuk ke permukiman warga, yang tergambar dari jejak dan kotoran gajah di lokasi tersebut.

"Diperkirakan gajah berjumlah dua ekor," kata Fifin.

Fifin mengungkapkan petugas sempat mengalami kesulitan karena banyak permukiman warga dan lahan perkebunan kelapa sawit. Namun pada kondisi itu, petugas juga mengimbau warga agar tidak anarkis terhadap satwa yang dilindungi tersebut guna menjaga populasi.

Dari hasil pemantauan, gajah liar sudah masuk ke beberapa desa dan kecamatan di Kabupaten Inhu serta ke Kabupaten Pelalawan.

Baca Juga: Tim BBKSDA Riau Halau Gajah Liar Hendak Masuk Permukiman Warga
Niat Menjaga Ladang, Petani Jagung Ini Justru Terjebak dan Tewas oleh Kawanan Gajah Liar

"Terakhir gajah berada di Desa Kampung Baru, Kecamatan Batang Cenaku. Gajah ini sebelumnya sudah berada di perbatasan Riau dan Jambi. Kawanan ini mengarah kembali ke Kecamatan Batang Peranap," jelasnya.

Dia menambahkan, petugas BBKSDA Riau saat ini berusaha mengamankan kawasan agar tidak dimasuki kawanan gajah liar.

"Jadi sampai saat ini kami sedang mencari bagaimana bisa mengamankan kawasan. Sementara itu, saya sampaikan ke masyarakat untuk mengamankan diri sendiri dahulu seperti menggunakan obor dan suara-suara untuk menjaga diri," pungkasnya. 

Video:

Video Terkait