Kenapa Kayu Jati Bisa Anti Rayap dan Tahan Banting?

Ilustrasi kayu jati atau pohon jati. (pixabay)

Editor: Dera - Senin, 10 Januari 2022 | 18:45 WIB

Sariagri - Kayu jati dikenal karena harganya yang mahal. Namun tidak sedikit orang yang menyukai perabotan dari kayu ini. Keunggulan kayu ini bernilai pada kekuatan, keawetan dan keindahan seratnya. Bahkan banyak orang yang menyebutkan kayu jati tahan terhadap rayap.

Dilansir dari berbagai sumber, tahun 1998 telah dilakukan pengujian ketahanan kayu jati. Sampel yang digunakan adalah bagian kayu jati dalam dan luar. Pengujian tersebut membuktikan kayu jati memiliki daya tahan terhadap serangan rayap terlebih pada bagian dalam atau teras. Bagian dalam juga disebutkan terdapat kandungan racun yang bernama tectoquinon.

Zat tersebut menyebabkan kayu teras lebih berat daripada bagian luar atau gubal. Selain itu, penelitian juga menunjukkan tingkat kerusakan kayu jati adalah 10. Artinya, kayu jati memiliki ketahanan alami tingkat I atau sangat tahan.

Ditambahkan DPUPKP Bantul Kabupaten, kayu jati tahan terhadap rayap, jamur dan serangga. Oleh sebab itu, kayu jati sering digunakan untuk pembuatan pintu, jendela dan meja kursi.

Ciri-ciri kayu jati yaitu kuat dan awet, berwarna coklat muda hingga tua, mudah dipotong dan diolah jadi berbagai produk, tidak mudah berubah bentuk akibat perubahan cuaca serta bobotnya yang berat dan kokoh.

Baca Juga: Kenapa Kayu Jati Bisa Anti Rayap dan Tahan Banting?
Polisi Buru 7 Pelaku Pembalakan Liar Kayu Sonokeling Perhutani, 1 Penadah Berhasil Diringkus

Penentuan kualitas jenis kayu jati yang diinginkan seharusnya mempertimbangkan tipe aplikasi finishing yang dipilih. Selain melindungi kayu dari kondisi luar, finishing diharapkan memberikan nilai estetika pada kayu tersebut dengan menonjolkan kelebihan dan kekurangan kualitas kayu tersebut.

Pohon jati tumbuh pada daerah hutan hujan tropis yang bersuhu antara 27-37 derajat. Penggunaannya biasanya untuk konstruksi bangunan seperti bantalan kereta api dan kontruksi kuda-kuda atap serta struktur jembatan pada zaman dulu.

Video Terkait