Polisi Buru 7 Pelaku Pembalakan Liar Kayu Sonokeling Perhutani, 1 Penadah Berhasil Diringkus

Pelaku pembalakan liar. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 10 Januari 2022 | 15:40 WIB

Sariagri - Unit Reskrim Polsek Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur terus mengembangkan kasus pencurian kayu milik Perhutani. Diduga seorang pelaku illegal logging yang berhasil ditangkap sebelumnya bernama, Tiyarman (43 tahun) warga Dusun Curahwangi, Desa/Kec. Sukapura, Probolinggo tidak bekerja sendirian dalam kasus ini.

Pelaku memiliki peranan sebagai pembeli kayu. Sedangkan pelaku penebang kayu sonokeling di hutan lindung milik perhutani masih dalam pengejaran petugas gabungan.

“Pelaku pembalakan liar yang berhasil di bekuk anggota ini berperan sebagai pembeli. Tersangka kami tangkap sabtu, 8 januari kemarin di rumahnya bersama sejumlah barang bukti kayu sonokeling. Sedangkan pelaku lain yang menebang sedang kami buru,” terang Kapolsek Lumbang, AKP Muhammad Dugel kepada Sariagri, Senin (10/1/22).

Dari hasil penyelidikan, imbuh Kapolsek Lumbang, aksi ilegal loging tersebut dilakukan oleh 7 pelaku yang saat ini menjadi DPO.

“Ketujuh pelaku tersebut melakukan aksi pencurian kayu di petak 10 l, blok lorok'an Desa Boto, Kecamatan Lumbang. Kini sedang kami buru dan tidak lama lagi semoga bisa tertangkap,” kata dia.

Barang bukti batang pohon sonokeling tersebut oleh penadah  Tiyarman selanjutnya dipotong - potong dengan panjang 3 meter. kemudian mengangkutnya dan membawanya pulang/ aksi ilegal loging tersebut menggunakan kendaraan bak terbuka. Namun ditengah jalan dipergoki petugas.

“Tersangka penadah ini membeli kayu sonokeling curian tersebut dengan harga Rp6,7 juta dari para pelaku penebang dan rencana dijual seharga Rp15 juta kepada pembeli lainnya,” tutur AKP M. Dugel.  

Dari rumah tersangka, imbuhnya, polisi menemukan barang bukti 8 potong batang kayu sonokeling berikut satu unit mobil pick up L- 300 dengan nopol N 8249 TC.

“Pelaku beserta barang bukti tersebut kemudian kami bawa ke mapolsek lumbang untuk di lakukan penyelidikan lebih lanjut. Sedangkan tersangka langsung kami tahan dan dijebloskan ke sel,” ucapnya.

Baca Juga: Polisi Buru 7 Pelaku Pembalakan Liar Kayu Sonokeling Perhutani, 1 Penadah Berhasil Diringkus
Polres Ponorogo Ungkap Modus Baru Pencurian Kayu

Sementara itu,  asisten Perhutani KPH Probolinggo, Slamet mengatakan  kayu sonokeling yang dicuri para pelaku berada di petak 10l, hutan lindung yang terdapat pohon sonokeling.

“Ini kayu yang dicuri termasuk tanaman dilindungi Negara karena langka. Akibat perbuatan komplotan ini, Negara dirugikan antara Rp25 juta hingga Rp30 juta,” kata Slamet.

Atas perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 37 undang - undang perhutani dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara.

Video Terkait