Jangan Diusir, Laba-laba di Pohon Ternyata Punya Manfaat

Ilustrasi - Manfaat laba-laba.(Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 6 Januari 2022 | 10:15 WIB

Sariagri - Laba-laba sering membuat jaring di pohon buah-buahan dan dianggap mengganggu bagi kebanyakan orang. Beberapa jenis laba-laba memiliki bentuk mengerikan. Sebagian orang mungkin akan memilih untuk menyingkirkan laba-laba dari pohon.

Sebenarnya, keberadaan laba-laba di pohon tidak begitu merugikan. Ada manfaat yang bisa didapat dari laba-laba. Berikut manfaat laba-laba yang belum banyak diketahui. 

Membasmi serangga hama

Laba-laba menjadi predator yang sangat rakus melahap serangga di pohon seperti lalat, nyamuk, ngengat dan lainnya. Dengan begitu, populasi serangga yang merugikan bisa berkurang karena campur tangan laba-laba.

Mengurangi pestisida

Karena aktivitasnya memakan serangga di pohon, laba-laba dapat membantu menurunkan penggunaan pestisida. Terutama untuk kebun organik, keberadaan laba-laba tanpa didasari justru menjadi faktor pendukung kebun.

Namun yang perlu menjadi perhatian, meski bermanfaat dalam pengendalian hama di pohon, tidak semua laba-laba aman bagi pekebun. Sebagian jenis laba-laba memiliki racun yang dapat membahayakan pekebun. Gigitan laba-laba beracun hampir mirip dengan sengatan lebah.

Selain itu, laba-laba sebagai predator tidak dapat memilih serangga mana yang dapat masuk ke jaringnya. Bisa jadi serangga penyerbuk yang berguna bagi pohon buah juga termakan oleh laba-laba.

Video terkait:

Video Terkait



Baca Juga: Jangan Diusir, Laba-laba di Pohon Ternyata Punya Manfaat
Satwa Dilindungi, 9 Ekor Rusa Timor Dilepas di TWA Gunung Tunak