Satwa Dilindungi, 9 Ekor Rusa Timor Dilepas di TWA Gunung Tunak

Rusa Timor dilepas di TWA Gunung Tunak (Antara/Humas TWA Gunung Tunak)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 30 Desember 2021 | 11:45 WIB

Sariagri - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melepasliarkan sembilan ekor rusa timor (Rusa timorensis) di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak, Kabupaten Lombok Tengah.

"Rusa-rusa tersebut keluar dari kandang habituasi dan masuk ke dalam hutan TWA Gunung Tunak," ujar Kepala BKSDA NTB Joko Iswanto, Kamis (30/12/2021).

Kegiatan pelepasliaran rusa timor telah menjadi agenda nasional dan dilakukan untuk memperingati Hari Cinta Satwa dan Puspa Indonesia 2021.

"Rusa timor merupakan satwa dilindungi Undang-undang dan merupakan satwa maskot Provinsi Nusa Tenggara Barat," katanya.

Karena itu BKSDA NTB berupaya terus melestarikan jenis satwa itu. Salah satunya dengan pelepasliaran rusa ke habitat untuk menambah populasi di alam.

"Ini merupakan wujud sedekah alam kami, sehingga rusa berkembang tidak hanya di penangkaran tetapi juga di habitat alam," katanya.

Joko menjelaskan selain pelestarian rusa timor juga dapat dimanfaatkan melalui mekanisme penangkaran dengan mekanisme yang benar.

“Saya berharap ke depan kita dapat menjumpai di pasaran dendeng rusa yang legal,” katanya.

Seluruh rusa yang dilepasliarkan di TWA Gunung Tunak merupakan hasil pengembangbiakan di sanctuary rusa timor oleh BKSDA NTB di dalam kawasan taman wisata alam itu.

Baca Juga: Satwa Dilindungi, 9 Ekor Rusa Timor Dilepas di TWA Gunung Tunak
Petani Ini Kaget, Dua Anak Kucing yang Diselamatkan Ternyata Bayi Macan Tutul

Sebelum dilepasliarkan, sembilan ekor rusa itu telah diperiksa kesehatannya oleh dokter hewan dan ditandai terlebih dahulu menggunakan ear tag/anting.

"Kemudian rusa direhabilitasi dan dihabituasi sebelum akhirnya dilepasliarkan. Rencananya setelah dilepasliarkan, rusa juga akan dipantau untuk mengetahui kondisi pasca lepas liar," pungkasnya.

Video terkait:

Video Terkait