Kenali Perbedaan Karakteristik Empat Kucing Besar dari Genus Panthera

Ilustrasi - Jaguar hewan pemakan daging.(Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 24 Desember 2021 | 16:10 WIB

Sariagri - Harimau, macan tutul, jaguar dan cheetah merupakan hewan dari genus Panthera. Sekilas semuanya tampak sama sebagai kucing besar pemakan daging. Faktanya terdapat perbedaan habitat, karakter fisik dan sifatnya.

Berikut penjelasan karakteristik utama dan perbedaan harimau, macan tutul, jaguar, dan cheetah dikutip dari HubPages:

Harimau

Kucing raksasa ini paling populer dengan warna kulit belang garis hitam vertikal. Pola belang pada harimau sebenarnya seperti sidik jari pada manusia yaitu berbeda-beda setiap individunya. Harimau merupakan perenang yang baik dan berburu sendirian. Seekor harimau dapat hidup hingga lebih dari 25 tahun dengan habitatnya tersebar luas di wilayah Asia Tenggara, Cina dan India.

Macan tutul

Dalam bahasa inggris, macan tutul disebut Leopard. Tubuh macan tutul relatif panjang dengan kaki pendek. Kulit tubuhnya bermotif lingkaran lebih kecil. Berbeda dengan jaguar, motif lingkaran macan tutul tidak terdapat bintik hitam di tengah. Pola melingkar dan warna kulit macan tutul bisa sedikit berbeda tergantung habitatnya.

Di antara kucing besar lainnya, macan tutul memiliki tubuh paling kecil dan ringan. Habitatnya banyak ditemukan di wilayah sub-Sahara Afrika. Sebagian lainnya di Asia seperti India, Cina, Malaysia dan Indonesia.

Macan tutul sangat mudah beradaptasi di habitat berbeda. Macan tutul juga dikenal sebagai salah satu kucing raksasa yang dapat berlari sangat cepat dan menjadi pemanjat pohon andal.

Jaguar

Sekilas, jaguar mirip dengan macan tutul tetapi kucing raksasa ini hanya dapat ditemukan di Benua Amerika mulai dari Amerika selatan, Meksiko, Amerika Tengah. Jaguar memiliki bobot lebih berat dari macan tutul. Pola lingkaran pada kulit jaguar lebih besar, jaraknya berjauhan (kurang rapat) dan memiliki titik hitam di tengah. Sama seperti harimau, jaguar merupakan perenang andal.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Karakteristik Empat Kucing Besar dari Genus Panthera
BKSDA Aceh Datangkan Pawang Halau Masuknya Harimau Liar ke Perkampungan

Cheetah

Cheetah banyak ditemukan di wilayah Afrika dan Asia barat daya. Kecepatan berlari cheetah sulit ditandingi. Tidak heran kucing besar ini dinobatkan sebagai hewan darat tercepat di dunia. Cheetah mampu berlari dengan kecepatan hingga lebih dari 80 kilometer per jam. Meski sangat cepat, cheetah tidak dapat berlari dalam jarak jauh.

Tubuh cheetah ramping dengan pinggang sempit. Kulit cheetah memiliki pola bintik-bintik hitam dengan jarak sama. Kepalanya kecil dan mempunyai garis-garis hitam yang membentang dari sudut mata bagian dalam ke sudut mulut di wajahnya. Garis hitam di wajah cheetah berfungsi menjaga mata mereka dari paparan sinar matahari untuk membantu memperbaiki visibilitas saat berburu.

Video terkait: