Kunjungi Lorong Hijau Tambulapot di Pekanbaru, Menteri LHK Terima Aspirasi Masyarakat

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya saat mengunjungi lorong hijau tambulapot di Pekanbaru.(Dok.KLHK)

Penulis: Arif Sodhiq, Editor: Nazarudin - Jumat, 24 Desember 2021 | 11:15 WIB

Sariagri - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menerima aspirasi masyarakat Pekanbaru, Riau. Aspirasi yang disampaikan masyarakat itu terkait keberadaan waduk untuk penataan embung dan persampahan. 

“Tadi saya menerima aspirasi Camat, Lurah dan RW perihal keberadaan kawasan waduk. Saya akan minta tim Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK untuk observasi penataan embung kecil dan persampahan sehingga nantinya bisa menjadi spot wisata lokal tingkat kelurahan yang ramah lingkungan,” ujarnya saat mengunjungi lorong hijau tanaman buah dalam pot (Tambulapot) di RW 23, Cipta Karya, Tuah Madani, Pekanbaru. 

Sebelumnya, masyarakat lintas komunitas telah melaksanakan aksi gotong royong dan penanaman pohon buah produktif yang disediakan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDASHL) Indragiri Rokan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Kita akan terus kembangkan semangat menanam, kerja kolaborasi bersama segenap komponen masyarakat, dan ini kaitannya mendukung terwujudnya kampung iklim di wilayah perkotaan. Bersama kita akan terus hijaukan lingkungan sekitar,” katanya.

Sebagai informasi, lorong hijau tambulapot merupakan upaya penghijauan yang dilakukan di kawasan padat penduduk. Melalui kegiatan ini siapapun bisa ikut berkontribusi menjaga lingkungan, sekaligus mendapatkan manfaat ekonomi dari menanam bibit buah produktif seperti jambu, kelengkeng, mangga dan lainnya.

Baca Juga: Kunjungi Lorong Hijau Tambulapot di Pekanbaru, Menteri LHK Terima Aspirasi Masyarakat
KLHK: Luas Tutupan Hutan Indonesia Capai 95,6 Juta Hektare

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil menyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian Menteri LHK Siti Nurbaya yang telah hadir di wilayahnya dan menerima aspirasi masyarakat.

"Kegiatan ini tentu sangat bermanfaat, dan kami siap mendukung dalam upaya aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim," pungkasnya.

Video terkait:

 

Video Terkait